Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengajak masyarakat yang masuk dalam penyitas COVID-19 untuk mendonorkan plasma darahnya dalam membantu penyembuhan pasien yang terkonfirmasi positif corona jenis baru.

"Jadi kami mengajak kepada penyintas COVID-19 agar mau menyumbang plasma darahnya, agar yang saat ini masih berjuang untuk sembuh bisa tertolong," kata Wali Kota Arief saat menyambangi kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang di Tangerang, Selasa.

Baca juga: 11.408 pelajar di Kabupaten Tangerang telah terima vaksin COVID-19 dosis pertama

Wali kota juga mengungkapkan saat ini permintaan darah di berbagai rumah sakit, baik milik pemerintah maupun swasta, cukup tinggi, sedangkan stok darah yang ada sangat terbatas, terlebih kebutuhan donor plasma konvalesen yang dibutuhkan untuk terapi tambahan penyembuhan pasien COVID-19.

Ia juga mengapresiasi kinerja para pegiat kemanusiaan di PMI Kota Tangerang dalam membantu masyarakat terkait urusan ketersediaan darah.

"Semoga dengan saling membantu, banyak masyarakat yang terselamatkan. Terima kasih sudah mau menyumbangkan darahnya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan," kata wali kota.

Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat yang terus rutin melakukan donor darah untuk membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan stok darah.

Oman juga mengajak bagi masyarakat yang pernah terpapar COVID-19 untuk terus membantu PMI dalam melakukan donor plasma konvalesen. "Untuk plasma konvalesen, dikhususkan untuk pasien yang dinyatakan sembuh. Jarak donor plasma ini adalah dua minggu setelah orang tersebut dinyatakan sembuh atau negatif virus corona. Jadi bagi masyarakat yang sudah sembuh, kami persilahkan untuk melakukan donor plasma konvalesen," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021