Jakarta (ANTARA News) - PT Bakrieland Development Tbk dan Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) merencanakan mengembangkan taman hutan agro (agroforestry park) seluas 25 hektare di kawasan Krakatoa Nirwana Resort, Lampung.

Group Head Resort Development Bakrieland Unit Usaha Hotels dan Resorts Nugroho Santosa, Rabu, mengatakan bahwa rencana pengembangan diwujudkan melalui MOU antara Perhiptani dengan Krakatoa Nirwana Resort (KNR), kawasan resor terintegrasi yang dikembangkan Bakrieland) unit usaha Hotels dan Resorts di Kalianda, Lampung Selatan.

Rencananya, ujar dia, Perhiptani akan diberikan masa pengelolaan selama delapan tahun untuk lahan seluas 25 hektare di Krakatoa Nirwana Resort.

MOU sendiri ditandatangani pada hari Rabu (24/4) Komisaris PT Krakatau Lampung Tourism Development (KLTD) Idrus Djaendar Muda dan Bambang Irawan, Group Head Resort Development Bakrieland Unit Usaha Hotels dan Resorts Nugroho Santosa, Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza, Wakil Gubernur Lampung dan Ketua DPW Perhiptani Lampung M.S. Joko Umar Said, dan Ketua DPD Perhiptani Lampung Selatan Sutono.

Pengembangan agrofrestry park di Krakatoa Nirwan Resort ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang sekaligus menjadi wujud komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesadaran para stakeholders Bakrieland akan pelestarian lingkungan dengan membangun kawasan pertanian yang berwawasan ramah lingkungan dan agrowisata.

Lampung Selatan merupakan daerah eksotis yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Namun, potensi kekayaan sumber daya alam tersebut belum dimanfaatkan secara optimal dan efektif bagi peningkatan produksi pangan.

Untuk itu, pihaknya bekerja sama dengan Perhiptani membangun  Agroforestry Park di kawasan KNR agar lahan yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal, hutan dapat dibangun secara multifungsi dengan melibatkan masyarakat secara aktif, tanaman langka Indonesia dapat ditanam, kesadaran masyarakat dapat ditingkatkan melalui pelatihan sadar lingkungan, serta sarana belajar mengajar dan penyuluhan pertanian kepada petani dan kelompok tani dapat dibangun.

Agroforestry, kata Nugroho, merupakan gabungan ilmu kehutanan dan agronomi yang memadukan usaha kehutanan dengan usaha tanaman produksi, untuk menciptakan keselarasan antara intensifikasi pertanian dan pelestarian hutan.

Menurut Ketua DPD Perhiptani Lampung Selatan Sutono, agroforestry park pertama di Lampung ini akan ditanami tanaman pangan, seperti jagung dan umbi-umbian, hortikultura (pisang, mangga, duren, buah naga, belimbing merah, lengkeng, pepaya, sayuran, bunga-bungaan, dan lain-lain, tanaman perkebunan (coklat, dan lain-lain), tanaman hutan jenis langka (cendana, merbau, damar), jati, jabon, sengon, buah-buahan (jambu jamaika, manggis, durian, salak, pepaya california dan pisang raja bulu), dan singkong.

Selain itu, juga akan ada area yang dikembangkan untuk usaha peternakan (kambing, itik, dan lain-lain) dan perikanan (kolam
terpal, mina padi, dan lain-lain).

Agroforestry Park Perhiptani-Krakatoa Nirwana Resort juga membawa misi sosial dan pelestarian keanekaragaman hayati. Misalnya, dengan melibatkan masyarakat secara aktif untuk menanam dan melestarikan beragam tanaman hutan yang langka.

"Nanti juga akan dibangun sarana untuk belajar mengajar dan penyuluhan pertanian kepada petani dan kelompok tani," ujar Nugroho Santosa.

Keseluruhan sektor pertanian dan kehutanan tersebut akan ditata sedemikian rupa sehingga sekaligus akan menjadi fasilitas agrowisata dan memberikan nilai tambah bagi tamu-tamu Hotel Grand Elty Krakatoa, yang juga berada di kawasan KNR, serta masyarakat sekitar.

"Kami berharap bahwa Agroforestry Park Perhiptani-Krakatoa Nirwana Resort ini akan menjadi ikon pariwisata di kawasan KNR yang sekaligus akan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat yang berada di sekitar KNR," kata Nugroho.

Krakatoa Nirwana Resort Krakatoa Nirwana Resort (KNR) adalah sebuah kawasan resor terintegrasi yang dikembangkan oleh Bakrieland Unit Usaha Hotels dan Resorts, berlokasi di Kalianda, Lampung Selatan.

Resor yang nyaman dan cocok bagi keluarga ini menawarkan keindahan taman alami Kalianda, pantai pasir putih yang gemerlap, dan banyak pertualangan lainnya.

Grand Elty Krakatoa, hotel yang berada di dalam kawasan KNR ini, memiliki berbagai macam fasilitas, seperti ruang rapat, Rakata Beach Resto, Elty Kiluan Bar, 24 hours in-room dining, amphitheater, kolam renang, karaoke keluarga, pusat aktivitas dan Elty Center.

Akomodasi yang terdiri atas 2 Krakatoa Suite, 4 Lambur Suite, 16 Rajabasa Villa, 14 Haringin Villa, 2 Deluxe Beach View, 2 Deluxe Pool View, 18 Superior Beach View, dan 18 Superior Pool View.

Perhiptani berdiri sejak 1985, merupakan organisasi profesi berazazkan Pancasila dan bersifat keilmuan, keahlian persaudaraan, kemasyarakatan, kemandirian, dan tidak berafiliasi dengan organisasi politik.

Tujuan Perhiptani membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengembangkan sistem penyuluhan pertanian yang efektif, efisien, dan produktif; mengembangkan serta menyebarluaskan ilmu, teknologi, metode dan manajemen penyuluhan pertanian; dan membina jiwa korsa, mengembangkan profesionalisme dan menyalurkan aspirasi penyuluh pertanian.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2012