Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mempercepat pelaksanaan vaksinasi di sekolah-sekolah sebagai upaya mewujudkan kekebalan komunitas (herd immunity) sehingga pembelajaran tatap muka dapat segera dilaksanakan.

"Kami menargetkan vaksinasi mulai usia 12 - 17 tahun ke atas dapat dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Tangerang," kata Bupati Zaki saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Tigaraksa, Senin. 

Vaksinasi dilakukan sebanyak 160 siswa/siswi SMP, SMA Sederajat di wilayah Kabupaten Tangerang, yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan bekerja sama dengan PGRI dan juga Sekolah yang ada di Kabupaten Tangerang.

Dalam kunjungannya Bupati Tangerang mengatakan saat ini simulasi vaksinasi untuk siswa/siswi sudah sesuai dengan standar.  Para siswa yang divaksin tidak kepanasan dan alurnya pun sudah memenuhi protokol kesehatan.

Bupati juga memastikan kesediaan stok vaksin dan meminta kepada Dinas Kesehatan Provinsi Banten, juga Kementerian Kesehatan agar mengalokasikan vaksinnya dalam jumlah besar.

"Kuota yang sekarang ini kita akan habiskan sebanyak 100 ribu dosis vaksin, yang akan dilakukan kurun waktu lima sampai enam hari," ucap Zaki.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Saifullah menambahkan total siswa yang ada di Kabupaten Tangerang kelas 1 hingga kelas IX sekitar 214 ribu, namun kelas 6 atau usia 12-17 tahun hanya mencapai 100 ribuan.

"Hari ini total siswa siswi yang mendapatkan dosis vaksin sebanyak 681 orang, mulai dari SD, SMP, SMA, SMK dan MAN. Hingga saat ini sudah tercatat vaksinasi sekitar 116 orang gelombang pertama pukul 09.00, disiapkan jadwal setiap jam," jelas Saefullah.

Syifa Rizki, salah satu siswi SMP Negeri 1 Tigaraksa mengungkapkan bahwa dirinya telah ikut menerima vaksinasi di SMPN 2 Tigaraksa.  

"Ternyata tidak sakit suntiknya dan tidak ada gejala apa-apa yang saya rasakan," katanya.


 

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021