Jakarta (ANTARA News) - William Syailendra Achilles (WSA) Drift Team menyatakan kesiapannya mengikuti dua seri kejuaraan formula drift internasional yang diselenggarakan di Asia dan Amerika Serikat.

"Kami selaku produsen ban asal Indonesia siap untuk mendukung team mengikuti kejuaraan bergengsi," kata Ketua WSA Drift Team, Edward Mamahit di Jakarta, Minggu.

Edward yang juga menjabat, Head of Global Marketing and Business Development, PT Multistrada Arah Sarana Tbk (Achilles) mengatakan, team terdiri dari empat atlet formula drift, salah satunya asal Indonesia, Emmanuel Adwitya Amandio.

Edward mengatakan, kejuaraan formula drift tidak dapat diikuti sembarangan pembalap hanya mereka yang telah mengantongi lisensi balap drift saja yang diperkenankan untuk ikut lomba.

Amandio yang pada tanggal 20 September 2011 genap berusia 19 tahun merupakan pembalap termuda yang telah mengantongi lisensi tersebut dan telah mengikuti sejumlah kejuaraan drift nasional dan internasional.

Edward mengatakan, Amandio bersama WSA Drift Team pada tahun 2011 telah mengikuti dua seri formula drift internasional yang diselenggarakan di Amerika Serikat masing-masing di Las Vegas dan Irwindale.

Sedangkan, di Asia mengikuti tiga seri formula drift yang diselenggarakan di Singapura, Indonesia, dan Malaysia, jelas Edward.

WSA Drift Team berdiri sejak 14 April 2011, sedangkan event yang pertama kali diikuti, Formula Drift Singapura serta berhasil masuk 16 besar. Sedangkan pada event terakhir Formula Drift Asia tahun 2012 berhasil menduduki posisi tiga.

Pada tahun 2012 ini WSA Drift Team dijadwalkan mengikuti seluruh seri Asia, seri pertama Malaysia bulan Mei. Singapura Juni, Thailand September, dan penutup November di Indonesia.

Sedangkan untuk Amerika Serikat, WSA hanya akan mengikuti lima seri dari tujuh seri tahun 2012. Seri pertama di Long Beach April, seri dua Atlanta Mei, seri lima Monroe Juli, seri enam Las Vegas Agustus, dan penutup Irwindale Oktober.

Sedangkan Amandio pembalap drift asal Indonesia mengatakan dalam jumpa pers Jumat (30/3), dalam musim kompetisi tahun 2012 dirinya menargetkan meraih empat besar di Asia dan delapan besar di Amerika.

Kendaraan akan menggunakan Nissan S15 untuk Asia dan Nissan 350Z untuk Amerika memakai dua kepala teknisi Donni Satrio untuk Asia dan Bryan Bridges untuk Amerika.

Sedangkan ban menggunakan Achilles yang memang dirancang untuk formula drift yang banyak meluncur di atas aspal, jelas Amandio.

Edward mengatakan, setidaknya membutuhkan 32 sampai 36 ban dalam satu seri pertandingan, penggantian ban juga tidak boleh terlalu sering karena waktunya akan dipotong.

WSA dalam kegiatan seri Asia dan Ameika tahun 2012 juga menghadirkan selebriti yang tengah bersinar karirnya Nuri Maulida (sinetron Cinta Fitri) sebagai ikon.

Nuri mengatakan, dirinya sangat antusias disertakan dalam kegiatan formula drift diharapkan tidak hanya Amandio yang akan ikut lomba tetapi juga ada pembalap lain asal Indonesia.

Edward mengatakan, keterlibatan WSA tidak sekedar membuktikan ketangguhan ban tetapi juga dalam rangka mencari bibit-bibit formula drift di Indonesia.

"Amandio sendiri awalnya merupalan pembalap rally, kemudian beralih ke drift. Memang tidak mudah, membutuhkan banyak latihan untuk  mengemudikan kendaraan dengan cara meluncur," ujar dia. 

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2012