Jakarta (ANTARA News) - PT Bakrieland Development Tbk melalui unit usaha hotel dan resoort memulai pembangunan konstruksi kondominium hotel Eaton Luxe yang berlokasi di  Tabanan Bali seluas 20.000 meter persegi.

"Pembangunan konstruksi akan dilaksanakan PT Mataram Maju Lestari diharapkan akan dapat diselesaikan pada akhir tahun 2013," kata Managing Director Pengembangan Hotel unit usaha Hotel dan Resort PT Bakrieland Development Tbk, Norman Daulay di Jakarta, Minggu.

Norman mengatakan,  pembangunan proyek kedua Bakrieland di Tabanan Bali diitandai dengan prosesi penghancuran bangunan lama sebagai simbol pelaksanaan "ground breaking" berlokasi di Tabanan Bali.

Norman mengatakan, hotel nantinya dilengkapi kamar 178 unit (standar 133 unit sedangkan sisanya 24 dan 21 kamar dengan fasilitas masing-masing satu dan dua ruang tidur) dengan kisaran harga Rp1,8 miliar sampai Rp6 miliar per unit.

Biaya pembangunan kondotel diperkirakan sekitar Rp220 miliar bertemakan sederhana, modern, dan muda dikombinasikan dengan nilai-nilai budaya Bali untuk bangunan dirancang konsultan arsitektur Air Mas Asri.

Lebih jauh Chief Marketing Officer (CMO) Pengembangan Hotel unit usaha Hotel dan Resort PT Bakrieland Development Tbk, Deden Sudarbo mengatakan, potensi pasar hotel di Tabanan Bali masih sangat besar dengan tingkat hunian rata-rata 70 persen.

Kawasan Tabanan Bali memiliki obyek wisata selain Tanah Lot yang lokasinya berdekatan dengan hotel, juga Canggu yang dikenal sebagai lokasi favorit penggemar olah raga selancar air (surfing), jelas Deden.

Selain itu, hotel yang masuk dalam kompleks Nirwana Bali Resort juga diminati investor asing karena juga terdapat lapangan golf  18 lubang berstandar internasional yang dirancang Greg Norman.

Deden mengatakan, unit kamar hotel ditawarkan dengan sertifikat kepemilikan (strata title) kepada investor yang berminat dengan perkiraan pengembalian investasi delapan persen (40 persen selama 5 tahun).

Dia mengatakan, prospek pertumbuhan ekonomi ke depan masih memberikan peluang bagi pertumbuhan hotel mengacu data jumlah kunjungan wisatawan asing tahun 2011 sebanyak 2,8 juta, naik 9,73 persen dibading tahun 2010 sebanyak 2,6 juta.


"Kalau ditambahkan dengan kunjungan wisatawan domestik maka diperkirakan ttumbuh 10,3 persen per tahun, serta angka ini masih akan meningkat sampai tahun 2015," ujar dia.


"Bahkan untuk tahun 2012 pertumbuhan wisatawan ke Bali menvapai 20-25 persen," papar dia.


Deden mengatakan, pembeli unit Eaton Luxe Nirwana Bali sebagian berasal dari luar negeri diantaranya Jepang, mereka tertarik karena harganya wajar serta produknya memiliki konsep menarik.


PT Bakrieland Development sebelumnya telah melaksanakan perbaikan interior Hotel Pan Pacific (refurnish) sehingga memberikan nilai tambah terhadap hotel yang juga berlokasi di Bali Nirwana Resort, jelas dia.


Kawasan Bali Nirwana Resort seluas 103 hektar sesuai dengan rencana induk (master plan) sampai dengan tahun 2015 untuk unit hotel dan resort masih akan dibangun hunian dan fasilitas hotel, jelas dia.


Ke depan akan dibangun Chuan Spa,  brand terkenal luar negeri, serta Chuan Residence di kawasan Bali Nirwana Residence dengan nilai investasi Rp750 miliar, jelas dia.


Komplek Bali Nirwana Resort seluas 70 hektar diperuntukkan lapangan golf, masih tersisa 20 hektar sebagai bank tanah, sedangkan hotel dan resort akan menempati 4,5 hektar, papar dia. 

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2012