3Dolphins SRM menghadirkan layanan percakapan melalui whatsapp dan Instagram untuk mendukung kebutuhan bisnis yang dapat membantu perusahaan menghubungi pelanggannya.

Melalui WhatsApp Business API pengguna dapat mengoptimalkan penggunaan WhatsApp dan juga menyediakan Instagram Messenger API untuk Instagram Direct Message.

Seperti diketahui di era serba digital saat ini, hampir semua aktivitas dilakukan secara digital termasuk kegiatan jual beli. Untuk mengikuti perubahan ini, ada dua strategi bisnis dapat gunakan, yakni interaksi antara penjual dan pembeli melalui pesan/chatting dan kegiatan jual-beli melalui media sosial untuk memudahkan konsumen dalam kegiatan Jual beli.
 
Dengan banyaknya kompetisi bisnis yang semakin ketat menjadikan customer experience sebagai titik penentu kesuksesan bisnis. Sebagaimana diperlihatkan riset Gartner yaitu 87 persen bisnis bersaing untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dalam meningkatkan minat jual beli. Itulah mengapa bisnis harus sangat memperhatikan layanan kepada konsumen dan beradaptasi mengikuti kebutuhan pelanggan untuk mempermudah interaksi dengan konsumen.

API WhatsApp Business membuat pebisnis berkomunikasi dengan pelanggan di seluruh dunia, agar dapat terhubung dengan para konsumen di WhatsApp dengan cara yang sederhana, aman, dan reliabel. bersama dengan bisnis lainnya dari seluruh penjuru dunia. Aplikasi WhatsApp Business dapat diunduh secara gratis dan khusus diciptakan bagi para pelaku UMKM.

3Dolphins menciptakan adanya chatbot atau pesan secara langsung dan social CRM terintegrasi kelas enterprise untuk membantu para pembisnis dalam melayani pelanggan. 

Chatbot tidak hanya sekedar menjawab pertanyaan konsumen tetapi juga dapat menangani masalah yang disampaikan konsumen. Aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk terhubung secara pribadi dengan para pelanggan mereka. WhatsApp Business akan membuat interaksi bisnis dengan pelanggan menjadi lebih mudah dengan menyediakan fitur-fitur untuk mengautomasi, menyortir, dan membalas pesan dengan cepat

Berbeda dengan kebanyakan chatbot di Indonesia yang hanya mampu melakukan percakapan sederhana, salah satu kemampuan chatbot dari 3Dolphins SRM adalah mampu mengotomatiskan seluruh proses customer journey dimulai dari promosi, layanan informasi produk, transaksi, hingga penyelesaian komplain. Semua proses itu dapat secara otomatis diselesaikan dengan cepat.

Para pembisnis juga akan lebih cepat mendapatkan jawaban atau layanan yang dibutuhkan dibandingkan dengan menunggu penanganan dari tim customer service. Sehingga, dari sisi bisnis, semakin banyak layanan dan transaksi yang dapat diproses dalam kurun waktu yang bersamaan secara efektif dan efesien.

Tidak hanya menghadirkan WhatsApp Business Account dan Instagram DM bagi bisnis, inovasi lain yang dikembangkan 3Dolphins SRM adalah membuat percakapan chatbot semakin interaktif dengan menambahkan gambar, dokumen, video, audio, dan tombol interaktif di dalam satu pesan menggunakan fitur Digital Library.
 

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021