Pandeglang (ANTARABanten) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, akan mengoptimalkan pengelolaan sektor pariwisata pada 2012 sehingga diharapkan mampu memberikan kontribusi lebih besar pada pendapatan asli daerah (PAD).


"Kita akan mengoptimalkan pengelolaan sektor-sektor andalan untuk meningkatkan penerimaan PAD, di antaranya bidang pariwisata," kata Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi di Pandeglang, Selasa.


Selama ini, kata dia, pengelolaan objek wisata yang ada di daerah itu, sudah cukup maksimal, namun ke depan akan lebih dioptimalkan lagi.


Ia juga menjelaskan, di daerah terdapat  214 objek wisata dengan kekhasan tersendiri, namun baru 18 objek yang telah dikelola secara maksimal, dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.


Objek wisata yang telah dikelola itu, di antaranya kawasan Pantai Carita, Pantai Tanjung Lesung, Pulau Umang, pemandian air panas Cisolong dan pemandian air alam Cikoromoy.


"Objek wisata lainnya belum banyak dikunjungi wisatawan, karena memang belum dikelola secara maksimal," ujarnya.


Dari 214 objek wisata yang ada di kabupaten tersebut, sebanyak 11 di antaranya pantai, 19 tirta, 183 tempat bersejarah dan satu objek wisata alam.


Ia berharap, ke depan seluruh objek wisata itu bisa dioptimalkan dalam pengelolaannya sehingga dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi lokasi tersebut.


"Ke depan kita berharap bisa dikelola secara maksimal, sehingga penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata bisa meningkat," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011