Serang (ANTARABanten) - Komisi I DPRD Banten, Kamis, berkunjung ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat guna memantau persiapan pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang akan digelar 22 Oktober 2011.


Kedatangan rombongan Komisi I DPRD Banten dipimpin Ketua Komisi I Upiyadi Moeslikh dan diterima tiga komisioner KPU Banten yakni Lukman Hakim, Nasrullah dan Agus Supriyatna.

"Kami ingin mengetahui langsung semua persiapan KPU karena pelaksanaan pilkada  sudah makin dekat," kata Upiyadi Moeslikh yang pada kunjungannya itu didampingi  didampingi tiga anggota Komisi I DPRD Banten Fakih Usman (F Golkar), Siti Saidah Silalahi (F PKS), dan HM Sukira (F PDI Perjuangan).

Upiyadi mengatakan, Komisi I berharap KPU bisa menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan aturan, sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang mengganggu kesiapan dalam pelaksanan pemungutan suara.

Anggota Komisi I DPRD Banten Siti Saidah Silalahi mengatakan, pihaknya akan terus memantau seluruh tahapan pemilukada Banten 2011, agar berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan masyarakat Banten.

"Kami menekankan kepada KPU sebagai penyelenggara pemilukada, agar tetap menjaga integritas dan netralitasnya," kata Saidah.

Ia juga meminta KPU agar terus mengawal pendistribusian logistik supaya berjalan lancar dan jika ada kerusakan surat suara harus segera diganti.

Sementara itu, anggota KPU Banten Lukman Hakim mengakui bahwa pihaknya telah menerima laporan dari KPU kabupaten/kota terkait adanya sejumlah surat suara yang rusak.

"Kami berharap laporan dari KPU kabupaten/kota sudah selesai pada Sabtu (15/10), sehingga Senin (17/10) sudah dibuatkan berita acara tentang jumlah surat suara yang rusak tersebut. Setelah itu baru dilakukan penggantian sesuai dengan jumlah surat suara rusak yang dilaporkan," kata Lukman Hakim.

Lukman mengatakan, KPU Banten sudah mendistribusikan hampir seluruh logistik untuk Pilgub ke KPU kabupaten/kota. Sehingga diharapkan pada H-1, seluruh logistik tersebut sudah sampai ke  Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Banten periode 2012-2017 digelar 22 Oktober 2011 diikuti tiga pasangan calon, yakni Ratu Atut Chosiyah-Rano Karno, Wahidin Halim-Irna Narulita dan Jazuli Juwaeni-Makmun Muzakki.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011