Tangerang, (ANTARABanten) - Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, Banten, berupaya mengubah paradigma "plonco" bagi mahasiswa baru yang identik dengan kekerasan dengan kreativitas sehingga memiliki jiwa dan semangat tinggi ketika menempuh pendidikan.

"Saat ini tidak ada lagi 'plonco' dan kekerasan, tapi kita ubah menjadi kreativitas bagi mahasiswa," kata Rektor Universita Pelita Harapan (UPH) Jonathan L Parapak di Tangerang, Jumat.

Parapak mengatakan hal tersebut di sela-sela kegiatan mahasiswa baru bertajuk "UPH Festival 18" dengan tema "Memantapkan Jatidiri Bangsa Dalam Kemajemukan" yang digelar di kampus di kawasan Karawaci, Tangerang.

Menurut dia, mahasiswa harus memiliki kreativitas tinggi di bidang bisnis, teknologi, budaya dan olahraga serta tidak melupakan jadi diri sebagai anak bangsa.

UPH menerima mahasiswa baru sebanyak 2.000 untuk berbagai fakultas dan sekolah tinggi. Sekitar 100 mahasiswa dari Korea, Singapura dan Malaysia.

Mahasiswa UPH menerapkan Bahasa Inggris dalam kelas serta lingkup sekolah agar mereka memiliki wawasan internasional dan dapat berinteraksi aktif dengan mahasiswa asing.

Demikian pula ada sebanyak 10 program yang diwajibkan mengunakan Bahasa Inggris bagi mahasiswa, di antaranya, untuk bidang bisnis, hukum, akutansi, teknologi dan komunikasi. 

Parapak mengatakan bahwa UPH juga telah menjalin pertukaran mahasiswa di Jerman dan Amerika Serikat serta Australia.

Semua kurikulum UPH sudah diterima mayoritas universitas internasional sehingga dengan mudah menjalin kerja sama saling menguntungkan antarperguruan tinggi.

Sedangkan "UPH Festival 18" berlangsung mulai Kamis (4/8) hingga Sabtu (6/8), di antaranya, mendatangkan penyanyi tenor terkenal dari Italia, Fabio Andreotti dan pemenang "Indonesia Got Talent" Vania Larisa.

UPH juga mengadakan seminar dengan mengundang Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, EE Manggindaan serta kuliah umum oleh Dirut PT Pertamina (Persero), Karen Agustiawan.

Parapak mengatakan, "UPH Festival 18" tidak saja diikuti kalangan mahasiswa tapi terbuka untuk umum dan warga sekitar dengan lomba sepeda santai bersama keluarga serta ditutup dengan acara kesenian dan pesta kembang api.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011