Cilegon (ANTARABanten) - Perum Pegadaian cabang Kota Cilegon, menyiapkan dana Rp5 miliar, untuk  masyarakat yang memerlukan uang tunai dengan cepat dalam menghadapi Ramadhan.


"Persiapan Ramadhan tahun ini, disediakan dana Rp5 miliar untuk masyarakat yang membutuhkan uang cepat dengan memberikan jaminan pada kami," kata Kepala Perum Pegadaian cabang Kota Cilegon Markum Ihsan di Cilegon, Minggu.

Dia menjelaskan, persiapan dana sebesar itu disesuaikan dengan kebutuhan Ramadhan tahun lalu,  dan mengacu pada penyaluran pada bulan sebelumnya.

"Betul, cadangan angka sebesar itu setelah mempertimbangkan kebutuhan tahun lalu, dan tingginya animo masyarkat menggunakan jasa Pegadaian dalam beberapa bulan terakhir ini," katanya.

Ia juga menjelaskan,  sebagian besar masyarakat menggadaikan emas, sedangkan jenis harta lainnya relatif sedikit.

"Kalau dilihat prosentase barang yang masuk ke Pegadaian  95 persen di antaranya emas, empat persen elektronik dan satu persen kendaraan bermotor," katanya menambahkan.

Sementara untuk suku bunga,  menurut dia, sebesar 1,2 persen/15 hari bagi  pinjaman Rp200 ribu-Rp10 juta, dan 0,75 persen/15 hari untuk pinjaman di bawah Rp200 ribu.

"Sedangkan untuk pinjaman di atas Rp20 juta dikenakan suku bunga satu persen/15 hari," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011