Serang (ANTARABanten) - Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika  menyiapkan 24 bus untuk mudik Lebaran gratis bagi penjual jamu, penjual bakso, dan kuli bangunan di daerah ini.

Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi membahas kesiapan penyelenggaraan angkutan Lebaran Idul Fitri 1432 Hijriyah, di aula kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Provinsi Banten di Serang, Kamis.

Dalam paparannya Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishubkominfo Banten Haryono mengatakan, bus mudik gratis tersebut akan diberangkatkan pada H-5 Idul Fitri atau pada 25 Agustus 2011 mendatang.     
   
Angkutan untuk mudik lebaran gratis yang disediakan Pemprov Banten tersebut akan melayani para tukang jamu, tukang bakso dan kuli bangunan di Banten yang ingin mudik ke kampung halamannya lima daerah di Pulau Jawa.

"Pemberangkatannya dipusatkan di kantor Dishubkominfo Banten. Untuk kelancarannya, kami minta dukungan tim," kata Haryono.

Lima daerah tujuan untuk mudik gratis yang difasilitasi Provinsi Banten tersebut yakni Serang-Tasikmalaya, Serang-Purwokerto, Serang-Cirebon, Serang-Semarang, dan Serang-Yogyakarta.

Selain membahas bus bantuan untuk mudik gratis, rakor juga membahas rencana operasi pelayanan dan pengamanan angkutan Lebaran, yakni membentuk tim koordinasi penyelenggaraan angkutan lebaran terpadu untuk mengoptimalkan pelayanan angkutan Lebaran Idul Fitri 1432 H.

Tim tersebut dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Banten Nomor: 550.05/ Kep.626-Huk/2011, tentang Pembentukan Tim Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2011 di Provinsi Banten.

Haryono mengatakan, dalam melaksanakan pelayanan angkutan lebaran, tim akan membentuk posko dengan Posko pelaksana utama bertempat di terminal 1B Bandara Soekarno Hatta dan di Pelabuhan Penyeberangan Merak. Poko lainnya akan dibangun di Stasiun Kereta Api Merak, Serang, dan Rangkas Bitung, terminal bus Merak, Pakupatan dan Porisplawad Tangeran.   

"Titik pengawasan, pengamanan dan pelayanan di simpul-simpul yang ramai seperti pelabuhan, stasiun, terminal, dan bandara," kata Haryono.

Kasubid Keamanan dan Keselamatan Ditlantas Polda Banten, AKBP Sutiyono mengatakan, polda Banten siap melaksanakan pengamanan dan pelayanan angkutan lebaran. Tim polda akan mempersiapkan keamanan jalur yang digunakan para pemudik, khususnya untuk jalur kendaraan roda dua.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011