Merak (ANTARABanten) - Sejumlah sopir truk yang berderet di Pelabuhan Merak, meminta kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) segera dapat mengirim kapal roll on roll of (roro) untuk mengatasi dan mengurai kendaraan yang antre menunggu diseberangkan.


"Saya dengar pemerintah pusat melalui Kemenhub akan mengirim kapal roro baru untuk membantu dan mengurai antrean ribuan truk yang sudah berhari-hari nongkrong di pelabuhan," kata Riswan, salah seorang sopir truk sembako yang antre di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis.

Dia menjelaskan, antrean truk dengan tujuan sejumlah daerah di Sumatera, telah berhari-hari berada di kawasan Pelabuhan Merak menunggu diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni. Ini seharusnya tidak dibiarkan berlarur-larut oleh pemerintah.

"Harus ada jalan keluar dari pemerintah, dan saya waktu itu pernah mendengar secara langsung kalau Kemenhub tahun ini akan mengirimkan dua kapal roro untuk atasi antrean ribuan truk yang kerap terjadi di Pelabuhan Merak," katanya menjelaskan.

Dirinya bersama ribuan sopir truk lainnya berharap, bantuan kapal roro yang pernah disampaikan segera dikirim sehingga antrean truk kali ini tidak semakin memanjang hingga memenuhi ruas jalan Tol Tangerang - Merak.

"Antrean truk yang hampir terjadi sepanjang pekan membuat saya jarang bertemu dengan anak istri, dan saya juga sudah bosan mengantre, apalagi kalau antreannya sampai di ruas tol," katanya.

Senada diungkapkan oleh sopir truk lainnya, Hendri. Menururt dia, antrean truk sampai di ruas tol membuat dirinya mengalami kesulitan untuk beraktivitas lain, seperti buang air dan makan.

"Kalau antrenya di jalan layang Cikuasa Atas, Merak tidak begitu susah, karena mau mandi, dan buang air termasuk makan mudah, tapi kalau di dalam tol, kami benar-benar berada seperti di tempat pengungsian, semuanya serba susah," kata Hendri.

Dihubungi terpisah, Kepala Cabang PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, La Mane mengaku belum mengetahui persis kapan bantuan roro dari Kemenhub datang.

"Kalau kapal roro dari Kemenhub yang baru, saya belum tahu pasti kapan datang, tapi mungkin akan kami tanyakan ulang ke ASDP pusat di Jakarta. Tapi kalau untuk bantuan kapal kecil dengan daya angkut 16 kendaraan, sudah ada di lintasan Merak - Bakauheni sejak tiga minggu lalu," kata La Mane menjelaskan.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011