Direktur Utama Jasa Raharja Budi Raharjo mendampingi Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono mengecek kesiapan titik-titik penyekatan untuk mencegah masyarakat mudik lebaran 2021 sesuai keputusan pemerintah tentang peniadaan mudik, Kamis (22/4/2021).

Selain Budi Raharjo, ikut juga dalam rombongan tersebut Direktur Operasional Jasa Raharja Amos Sampetoding dan Kacab Jasa Raharja Banten Dodi Apriansyah dan sejumlah Tim Kakorlantas Polri.

Rombongan berangkat dari Kantor Astra Toll Road di Gerbang Tol (GT) Cikupa menuju ke wilayah Sumatera Selatan melewati jalur-jalur yang biasa dilewati pemudik seperti arteri Cikande, Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakuheni. Berhenti dulu di Arteri Cikande dan di Pelabuhan Merak, lalu menyeberang ke Lampung.

Dirut Jasa Raharja Budi Raharjo menyatakan mendukung upaya korlantas Polri dalam mencegah masyarakat mudik lebaran tahun 2021 ini, mengingat pendemi COVID-19 masih meningkat di beberapa wilayah.

Sementara itu Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan seluruh Polres di wilayah Banten, Lampung dan Sumatera Selatan telah siap mengantisipasi para pemudik yang mencoba melintasi jalur di wilayah hukumnya, khususnya pada tanggal 6 sampai 17 Mei yang dilarang pemerintah.

Larangan Mudik Dimasa Pandemi Covid-19 ini, Pemerintah Telah Secara Resmi Mengeluarkan Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan COVID-19 No. 13 Tahun 2021 tentang Pelarangan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021.

Menurut Istiono, pelarangan mudik pada tanggal-tanggal tersebut dilakukan dengan maksud agar orang tidak berkumpul dalam satu titik satu tanggal, atau bergerombol karena sangat membahayakan terjadinya penularan virus Corona.

“Harus diperangi sama-sama untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Kalau sekarang mau pulang kampung silakan saja,” kata Istiono.

Polda Banten telah mendirikan 16 pos penyekatan di jalur tol dan jalur arteri yang kerap dijadikan jalur mudik. Beberapa titik jalan tol itu, antara lain: Gt. Cikupa Sekat Dari Arah Jakarta, Gt. merak sekat dari arah lampung dan jakarta, dan titik jalan arteri Gerbang Citra Raya, pasar Kemis, Kronjo, Tigaraksa, jayanti (cisoka), solear (cisoka), simpang asem, simpang pusri, gayam pandeglang, gerem, gerbang pelabuhan merak, Pelabuhan bbj bojonegara, jasinga dan cilograng.

Ditempat terpisah, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan Polda Banten mengerahkan sebanyak 1.600 personel pengamanan mudik Lebaran dibantu para personel TNI dan Dishub.
 
k

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021