Tangerang, (ANTARABanten) - Jumlah penumpang kapal dari Tanjung Pasir menunju ke Kepulauan Seribu, pada akhir pekan ini, meningkat tajam, sehingga para pengusaha kepal meraup keuntungan berlipat.

"Jumlah pengunjung yang menyebrang menuju Kepulauan Seribu meningkat selama dua hari, pada akhir liburan sekolah sehingga keuntungan yang kami raih juga bertambah," kata koordinator
pengusaha kapal di Tanjung Pasar Aji Barudin, di Tangerang, Minggu.

Wisatawan yang ingin menyeberang ke Kepulauan Seribu, menggunakan kapal dari Tanjung Pasir.

Aji menuturkan, bila keuntungan yang diperoleh setiap pemilik kapal  mencapai jutaan rupiah, atau meningkat dibandingkan hari biasa di bawah Rp500 ribu.

Dijelaskan Aji, tarif untuk sekali penyebarangan dari  Tanjung Pasir ke Kepulauan Seribu Rp10 ribu per orang, atau Rp20 ribu untuk perjalanan pergi-pulang.

Tarif penumpang itu, kata dia, mengalami kenaikan dibandingkan hari biasa yang hanya Rp7.000 per orang. Jarak tempung Tanjung Pasir-Kepulauan Seribu selama 30 menit.

Mengenai jumlah kapal yang melayani penyeberangan ke Kepulauan Seribu, menurut dia, selama liburan sekolah disiapkan sebanyak 50 unit.

Kapsitas kapal penumpang itu, kata dia, bervariasi yakni 50 orang, 70 orang, 100 orang serta 150 orang.

"Meski ukuran dan kapasitasnya berbeda, namun waktu menempuh perjalanan Tanjung Pasir-Kepulauan Seribu sama, yakn 30 menit," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011