Pedagang dan pelaku usaha di Pasar Modern Paramount, Gading Serpong mengikuti program vaksinasi COVID-19 tahap pertama yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

Dalam keterangan tertulis, Sabtu, kegiatan vaksinasi tahap pertama ini bekerja sama dengan Rumah Sakit Mentari kelapa Dua dan Paramount Estate Management (PEM).

Kegiatan vaksinasi ini merupakan bagian dari program vaksinasi COVID-19 nasional sejak pertengahan Januari 2021 yang dilaksanakan secara bertahap, sebagai salah satu upaya untuk memutus rantai penyebaran infeksi virus Corona dan segera menciptakan kekebalan komunitas (herd immunity) dalam masyarakat.

Salah satu sasaran vaksinasi ini adalah pelaku usaha dan pedagang termasuk yang berada di Pasar Modern Paramount agar para pedagang dapat memberikan rasa aman kepada konsumen yang berbelanja kepada mereka. 

Sebanyak 450 pelaku usaha dan pedagang di Pasar Modern Paramount antusias mengikuti program vaksin COVID-19 tersebut. 

Pedagang yang divaksinasi setidaknya harus melewati beberapa tahapan mulai dari registrasi atau verifikasi data, proses screening untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh. 

Jika dinyatakan lolos screening, penerima vaksin akan langsung divaksinasi COVID-19. Penerima vaksin tidak dibolehkan langsung pulang setelah disuntik, mereka diharuskan menunggu selama 30 menit di tempat yang tersedia untuk memeriksa hasil observasi. Setelah itu penerima vaksin akan mendapatkan kartu vaksin dan diizinkan untuk meninggalkan lokasi.

Lucas Maringka, Associate Director PEM menyatakan dukungan dan apresiasi program vaksinasi COVID-19 ini yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang. 

"Kami sangat memperhatikan kesehatan dan kenyamanan para pengunjung pasar, terutama dalam kondisi pandemi ini. Pelaku usaha dan pedagang harus menjadi prioritas sasaran vaksin karena aktivitas mereka melibatkan transaksi ekonomi dan kontak langsung dengan masyarakat," kata Lucas. 

Jika pedagang pasar sudah divaksinasi, jelas Lucas, tentunya akan membuat pengunjung merasa yakin dan aman, sehingga perekonomian kita tetap dapat berjalan. 

"Dengan adanya vaksinasi ini juga diharapkan dapat melindungi diri, keluarga, dan bangsa dalam menjaga produktivitas dan meminimalisasi dampak sosial dan ekonomi," katanya. 

Prima Saraspuspa, Camat Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, pada kesempatan terpisah menyampaikan bahwa pemberian vaksin bagi pelaku UKM dan pedagang pasar ini dilakukan sesuai target sasaran pemerintah dalam menekan angka kasus COVID-19 dan mendukung pemulihan ekonomi masyarakat. 

Pihaknya menargetkan seluruh pedagang dan pelaku usaha di Kecamatan Kelapa Dua termasuk di Pasar Modern Paramount dapat menerima program vaksinasi Covid-19. Vaksinasi di Pasar Modern Paramount itu merupakan salah satu sentra pedagang dengan tingkat intraksi masyarakat cukup tinggi. Sehingga dijadikan sebagai salah satu area sasaran vaksinasi COVID-19.
 

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021