Pandeglang (ANTARABanten) - Harga bawang merah pada tingkat pedagang pengecer di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, pada pekan ini mengalami kenaikan dibandingkan pekan lalu.


Beberapa pedagang di Pasar Badak, pasar tradisional terbesar di Kabupaten Pandeglang, Kamis, menjelaskan kenaikan harga itu terjadi sejak awal pekan.

"Sejak awal pekan ini, harga eceran bawang merah Rp16 ribu/kg, atau naik dibandingkan pekan lalu yang hanya Rp14 ribu," kata Aceng, pedagang bumbu dapur di Pasar Badak.

Mukti, pedagang bumbu dapur lainnya, juga mengaku adanya kenaikan harga bawang merah sebesar Rp2.000/kg tersebut, yang terjadi sejak awal pekan ini.

"Betul memang naik Rp2.000/kg, dan itu terjadi pada semua pedagang pengecer, tidak hanya di Pasar Badak, tapi juga pasar tradisional lain di Pandeglang," ucapnya.

Kenaikan harga eceran itu, kata dia, dipicu naiknya harga pembelian dari pedagang besar.

Menurut dia, harga eceran akan lebih mahal jika pembelian di bawah satu kilogram. Untuk 0,50 kg pengecer menjual Rp9.000 dan harga 0,25 kg senilai Rp5.000.

Ia juga memperkirakan, harga bawang merah Rp16 ribu/kg akan bertahan dalam beberapa pekan ke depan.

"Biasanya kalau sudah naik agak sulit turun. Harga bisa turun kalau pasokan melimpah," paparnya.

Sedangkan untuk komoditas lain, masih bertahan, yakni bawang putih Rp20 ribu/kg, kemiri Rp28 ribu/kg,  kacang tanah Rp14.500/kg, kencur Rp18 ribu/kg, kunyit Rp5.000/kg, dan jahe Rp18 ribu/kg.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011