Sebanyak 712 personel Polres Serang Kota melakukan vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Banten, di Serang, Selasa.

Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto di Serang, Selasa, mengatakan vaksinasi COVID-19 di jajaran Polres Serang Kota dilaksanakan dalam tiga tahap dalam upaya menghindari terjadinya kerumunan.

Baca juga: 1.292 petugas kepolisian dan TNI jalani vaksinasi COVID-19 di Lebak
Baca juga: MUI dan FKUB Banten ajak pemuka agama ikuti vaksinasi COVID-19

"Petugas kepolisian harus divaksin, karena sebagai salah satu garda terdepan penanganan dan pengendalian virus COVID-19. Vaksinasi ini dilakukan secara bertahap, dari 712 personel dibagi menjadi tiga hari kegiatan vaksinasi untuk menghindari terjadinya kerumunan orang," katanya.

Yunus mengatakan tujuan dilakukannya vaksinasi tersebut untuk meminimalisasi penularan COVID-19.

Di jajaran Polres Cilegon ada sebanyak 90 personel yang mengikuti vaksinasi di Aula Serba Guna Polres Cilegon.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengatakan sebagai garda terdepan penanganan dan pengendalian COVID-19, personel Polres Cilegon harus divaksin.

Ia menjelaskan manfaat vaksinasi yang untuk kekebalan tubuh anggota yang melaksanakan tugas di lapangan untuk pencegahan penyebaran COVID-19.

"Sebelum dilakukan vaksinasi personel Polres Cilegon yang sudah ditunjuk, harus melalui beberapa tahap pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu yang dilakukan oleh petugas medis Urdokes Polres Cilegon," kata dia.

Sigit mengatakan kegiatan vaksinasi di jajaran Polres Cilegon dibagi dua tahap yang pertama pada Jumat (26/2) dengan jumlah sebanyak 45 personel, selanjutnya tahap dua pada Senin (1/3) dengan jumlah yang divaksin 45 personel.

"Pada saat pelaksanaan vaksin tidak ditemukan KIPI (Kejadian Ikutan Paska Imunisasi ) setelah diobservasi selama 30 menit. Kegiatan berjalan dengan lancar dan aman serta tetap menjalankan prokes," kata Sigit.
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021