Pandeglang (ANTARABanten) - Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, pada 2011 memperoleh dana alokasi khusus sebesar Rp1,017 miliar untuk pembangunan fasilitas air bersih bagi warga setempat.


Kepala Bidang Prasarana dan Permukiman Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pandeglang Mubagyo di Pandeglang, Rabu, menjelaskan, pembangunan fasilitas bersih itu saat ini sedang dalam tahap persiapan.

"Sekarang sedang persiapan, setelah itu akan dilakukan lelang untuk kegiatan yang nilianya di atas Rp50 juta, dan penunjukan langsung bagi untuk di bawah Rp50 juta," katanya.

Mengenai kegiatan fisik, menurut dia paling lambat dimulai akhir Juni 2011 dan diperkirakan Oktober 2011 seluruhnya sudah selesai dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Ia juga menjelaskan fasilitas air bersih itu dibangun di kawasan permukiman yang sulit mendapatkan air bersih.

Mubagyo juga menjelaskan pembangunan fasilita air bersih bagi warga setiap tahun selalu ada. Pada 2010 dibangun 13 titik di 13 desa dengan total anggaran Rp800 juta.

"Pada 2010 sebenarnya cukup banyak usulan bantuan pembangunan fasiltas air bersih dari masyarakat, namun karena keterbatasan anggaran hanya 13 yang dapat dipenuhi," ujarnya.

Bantuan yang diberikan itu berupa penggalian air bawah tanah lengkap dengan pompanya serta tempat penampungan. Seluruh biaya berasal dari bantuan pemerintah.

Menurut dia, bantuan tersebut diberikan kepada desa/kelurahan  yang tersebar di beberapa kecamatan mulai sekitar Kota Pandeglang hingga di wilayah selatan.

Desa/kelurahan di sekitar Kota Pandeglang di antaranya  Setrajaya Kecamatan Koroncong, Kelurahan Kadumerak Kecamatan Karangtanjung dan Kelurahan Tanagara Kecamatan Cadasari.

Sedangkan desa yang berada di wilayah selatan di antaranya Desa  Cibarani Kecamatan Cisata, Desa Banyumas Kecamatan Bojong, Desa Kolelet Kecamatan Picung, Desa Katumbiri Kecamatan Cigeulis dan Desa Cikalong Kecamatan Cibitung.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011