Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) di Kota Tangerang Selatan Banten menjadi salah satu dari delapan perguruan tinggi di Indonesia dan Eropa yang menerima hibah penelitian mengenai manajemen limbah makanan.

Eddy Yusuf selaku Wakil Rektor II Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) di Kota Tangerang Selatan di Tangerang Kamis mengatakan penelitian ini disponsor oleh European Union melalui program internasional Erasmus+ CBHE. Sebagai langkah awal telah dilakukan pertemuan perdana secara daring membahas mengenai manajemen limbah makanan.

Baca juga: Pemkot Tangerang berdayakan koperasi bantu pemulihan ekonomi di tengah pandemi

Sementara itu untuk universitas lain yang terlibat dalam penelitian ini adalah Universitas Katolik Parahyangan, Ghent University, Tempere University, Binus University, Universitas Prasetya Mulia, Universitas Ma Chung dan Hotelschool The Hague.

Adapun isu mengenai limbah makanan dikarenakan dipengaruhi oleh pola pikir dan budaya. Hal ini merupakan problem multidisiplin yang memiliki dampak luas khususnya dalam konteks masyarakat urban.

Untuk itu, UPJ melibatkan program studi desain komunikasi visual dan program studi ilmu komunikasi untuk terlibat secara aktif dan berkontribusi menelurkan ide dan gagasan, pengembangan serta pemutakhiran kurikulum terkait dengan isu-isu limbah makanan.

Selain itu UPJ juga berperan aktif untuk membangkitkan kesadaran masyarakat terkait dengan isu limbah makanan yang dituangkan dalam bentuk kampanye, penyuluhan dan pengabdian masyarakat kepada stakeholders yang relevan.
 "UPJ sebagai bagian dari Grup Pembangunan Jaya memusatkan diri pada kajian urban," katanya.

Isu limbah makanan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari pola pikir dan perilaku masyarakat Urban. Keterlibatan UPJ dalam project ini menjadi kendaraan yang baik untuk memberikan kontribusi nyata dalam pemahaman masyarakat urban tentang limbah makanan dan dampaknya.

Dikatakannya project ini akan menandai kolaborasi delapan universitas di Eropa dan Indonesia. Kolaborasi ini juga tak hanya untuk pengembangan dan penyaluran ilmu oleh Universitas Eropa tetapi juga bersama - sama menjadi wadah untuk pelaksanaan dan eksplorasi ilmu tersebut dalam lingkup lingkungan khususnya isu limbah makanan dan kekurangan pangan sebagai permasalahan dunia.

Lalu penelitian yang akan dilaksanakan dalam tiga tahun ini terbagi dalam kegiatan studi lokal di Indonesia mengenai manajemen food waste. "Puncaknya adalah integrasi pengetahuan food waste management dalam kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia. Melalui partisipasi lokal lima universitas di Jakarta, Bandung dan Malang, project ini diharapkan akan menjangkau dan menyebar di seluruh pulau Jawa," ujarnya.

Pertemuan perdana yang telah dilaksanakan dihadiri para ahli seperti Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Jelle Soldien dari Ghent University, Elina Narvanen dari Tempere University dan Annne De Visser-Amundson dari Hotelschool The Hague.


 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021