Tangerang (ANTARABanten) - Empat sekolah di Kota Tangerang Selatan, Banten, mewakili lomba penghargaan Adiwiyata atau program sekolah peduli dan berbudaya lingkungan di tingkat Nasional.

"Dari 30 sekolah peserta lomba adiwiyata di tingkat provinsi, sekolah di Tangsel menduduki urutan pertama. Sedangkan tiga lainnya masuk dalam 10 besar dan ikut dalam lomba di tingkat nasional lainnya," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Kota Tangerang Selatan, Toto Sudarto di Tangerang Senin.

Keempat sekolah tersebut yakni SMA 9 Kota Tangsel, SD Dharma Karya, SD Islam Cikal Harapan BSD Serpong, SMA 2 Tangsel.  
  Dikatakan Toto, urutan pertama untuk pemenang lomba Adiwiyata tingkat Provinsi, diraih SMA 9 Kota Tangerang Selatan.

"Selain berhak ikut menjadi wakil di tingkat nasional, SMA 9 juga mendapat penghargaan dari Gubernur Provinsi Banten karena sebagai pemenang di tingkat Provinsi dan akan diberikan pada tanggal 5 Juni saat peringatan hari lingkungan Hidup," katanya.

Penilaian penghargaan Adiwiyata meliputi non fisik seperti managemen sekolah tentang kebijakan, kurikulum dan kegiatan berbasis partisipasif serta pengelolaan sarana pendukung sekolah.

Sedangkan untuk penilaian fisik yakni pengelolaan lingkungan seperti sampah serta drainase di sekitar lingkungan sekolah.

Penilaian untuk penghargaan lomba adiwiyata tingkat nasional sendiri, dikatakannya, akan dimulai bulan April dengan penilaian secara langsung dilakukan kementerian lingkungan hidup.

"Dari kedua penilaian tersebut, SMA 9 Kota Tangsel mendapat poin 81,88 dari poin standar yang ditetapkan yakni 75,00," katanya.

Sementara itu, untuk enam sekolah lainnya yang masuk dalam 10 besar dan ikut dalam lomba tingkat nasional yakni SMP 13 Kota Tangerang, SMA 5 Kota Tangerang, SMP 5 Cilegon, SMA 14 Kota Tangerang, SMKN 2 Pandegelang dan SMA 1 Ciruas.

Kepala Sekolah SMA 9 Kota Tangerang Selatan, Neng Nurhemah mengatakan, kelebihan sekolahnya dengan yang lainnya yakni karena adanya pendidikan lingkungan hidup sebagai muatan lokal.

"Untuk di Tangerang Selatan, muatan lokal tentang pendidikan lingkungan hidup, baru ada di SMA 9 Tangerang Selatan," katanya

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011