Merak (ANTARABanten) - Satu dari tiga armada kapal cepat di Pelabuhan Merak Kamis pagi beroperasi, hal ini menyusul membaiknya cuaca di Selat Sunda.

"Hari ini kapal cepat beroperasi, tapi yang beroperasi hanya satu kapal saja, Alle Exspress IV," kata Manager Operasional PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Endin Juhaendi, Kamis.

Ia menjelaskan, kapal cepat yang beroperasi di Pelabuhan Merak pada hari ini, adalah kali pertama setelah lebih dari satu pekan tidak beroperasi lantaran gelombang laut melebihi satu meter di Selat Sunda.

"Setelah lebih dari satu minggu armada kapal cepat tidak beroperasi, tadi pagi sudah satu trip ke Bakauheni, Lampung," katanya.

Pengoperasian kapal cepat di Pelabuhan Merak, setelah pihaknya mendapatkan rekomendasi dari Administrator Pelabuhan Banten kelas I.

"Kami sudah mendapat rekomendasi dari Adpel, yang dilengkapi dengan data mengenai cuaca dari Badan Meteorolgi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang," ujarnya.

Diharapkan cuaca bersahabat kali ini terus  berlanjut, sehingga pelayaran seluruh kapal di Pelabuhan Merak dapat berjalan secara maksimal. "Kalau cuaca bersahabat seperti ini bukan saja kapal cepat yang beroperasi, tetapi kapal ferry jenis Roll on Roll off juga bisa sandar dengan cepat dan selamat," katanya.

Armada kapal cepat lintas Merak - Bakauheni berjumlah tiga unit yakni Pasca Dana 2, Alle Exspress IV dan Citra Jet 02, jumlah kapasitas keseluruhan sebanyak 486 orang, dengan demikian kapasitas rata-rata perkapal sebanyak 162 orang.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010