Lebak (ANTARABanten) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengingatkan nelayan dan pelaku pelayaran mewaspadai tinggi gelombang  di perairan Banten selatan pada siang hingga malam hari selama dua hari ke depan.

Analisis cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang, Halim Perdana Kusumah, saat dihubungi, Kamis, menjelaskan, prakiraan tinggi gelombang perairan Banten bagaian Selatan berkisar 2-3 meter dengan jarak pandang 4-6 kilometer.

Gelombang bergerak dari arah selatan dan tiupan angin dari arah barat daya dengan kecepatan 15 knot atau 30 kilometer per jam.

Karena itu, pihaknya meminta nelayan dan pelayaran waspada karena tinggi ombak mencapai tiga meter dan tiupan angin berkisar 6-15 knot.

Selama ini, perairan Banten Selatan maupun utara memburuk akibat adanya badai tropis yang melanda laut lepas di barat daya Bangkulu.

Adapun, tanda-tanda badai tropis yakni gelombang tinggi, tiupan angin kencang disertai hujan deras.

Sementara itu, tinggi gelombang di Perairan Selat Sunda bagian utara yakni penyeberangan Merak-Bakauheni berkisar 0,6-2,0 meter dengan kecepatan angin enam hingga 15 knot.

Cuaca berawan dan berpeluang hujan pada sore hingga malam hari.

Sedangkan, suhu pada siang hari antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban antara 60 sampai 90 persen.

"Saya mengimbau nelayan dan pelayaran kapal tongkang bersikap hari-hati jika melaut," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010