Serang (ANTARABanten) - Untuk memeriahkan Festival Internasional Pemuda dan Olahraga Bahari (FIPOB) V, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten akan menggelar Festival Anyer 2010 di Pantai Patra Bandulu Anyer mulai 5 sampai 7 November 2010.

Kepala Disbudpar Provinsi Banten Egy Djanuiswati di Serang, Selasa, mengatakan, Festival Anyer diharapkan menjadi salah satu ajang promosi wisata khususnya bagi wisatawan mancanegara yang menjadi peserta FIPOB dengan peserta dari 50 negara dan 26 provinsi.

"Ini kesempatan yang baik untuk promosi wisata Banten, karena peserta dari negara lain sebagai peserta FIPOB bisa melihat langsung berbagai kesenian dan objek wisata di Banten," kata Egy.

Menurut Egy, dalam Festival Anyer tersebut akan digelar berbagai pertunjukan kesenian dan budaya lokal Banten serta makanan khas yang dikemas dalam bentuk wisata kuliner.

Selain disuguhkan dalam bentuk pementasan langsung di lokasi penyelenggaraan Festival Anyer, berbagai parade seni dan budaya serta pentas musik juga akan digelar di berbagai hotel yang menjadi lokasi penginapan peserta FIPOB.

"Kegiatan ini secara kebetulan juga digelar pada akhir pekan, sehingga pengunjung yang datang diharapkan lebih ramai," kata Egy.

Target penyelenggaraan Festival Anyer adalah mengenalkan lokasi wisata serta kesenian dan budaya Banten secara langsung kepada wisatawan mancanegara, dengan harapan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara pada tahun 2011.

"Kami ingin menyakinkan kepada wisatawan, bahwa lokasi wisata di Banten aman dikunjungi meskipun aktivitas Gunung Anak Krakatau meningkat," katanya.

Egy mengatakan, meski aktivitas Gunung Anak Krakatau meningkat, Anyer dinyatakan aman.

"Berdasarkan keterangan pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), meski ada peningkatan aktivitas Gunung Anak Krakatau, Pantai Anyer," katanya.

Egy mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan ke Banten pada tahun 2010 sangat baik. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS),  kunjungan wisatawan domestik ke Banten pada 2010 mencapai 3 juta orang lebih serta wisatawan mancanegara mencapai 127 ribu orang.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010