Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mendorong para guru untuk menggunakan whiteboard animation dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) agar siswa tak jenuh.

"Saya mau guru dapat berinovasi dalam penyajian bahan ajar agar siswa tidak jenuh, contohnya dengan penggunaan whiteboard animation serta interaksi yang lebih intens," kata Wali Kota Arief di Tangerang Selasa.

Baca juga: Pemkot Tangerang raih penghargaan manajemen pemerintahan

Ia menjelaskan sistem pembelajaran di masa pandemi ini harus terus diinovasi agar materi pelajaran yang diberikan mudah dipahami siswa.

Misalnya saja upaya Dinas Pendidikan yang telah membuat video pembelajaran dan membuat 1.000 tayo quiz berupa materi pelajaran dalam bentuk permainan.

Hal tersebut tentunya sangat inovatif dan harus terus diinovasi sehingga siswa mudah menerima materi pelajaran yang diberikan.

"Para guru dapat memberikan pembelajaran yang inovatif sehingga peserta didik tidak jenuh dan lebih antusias dalam melakukan PJJ," katanya menegaskan.

Diakuinya, Pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi siswa dimasa pandemi adalah suatu tantangan baru bagi para pendidik dan siswa bahkan bagi orang tua dewasa ini.

"Guru kini wajib membekali diri serta mengupgrade kemampuan mengajar untuk dapat beradaptasi dengan sistem baru dunia pendidikan di masa pandemi," ujarnya.

Sementara itu BKPSDM bekerjasama dengan Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) telah menggelar Pelatihan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Bagi Guru SD dan SMP, Pelatihan Pengelolaan Laboratorium SMP dan Strategi, Inovasi Pembelajaran Bagi Guru SMP yang terfokus pada penggunaan Whiteboard Animation.

Ia menuturkan kegiatan pelatihan ini menjadi salah satu upaya dan tujuan pengembangan SDM di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang.

Dalam mewujudkan pendidikan yang mumpuni, baik serta tetap berkualitas dimasa pandemi COVID tak ada cara lain selain memperbarui dan mengadaptasi ilmu, cara serta pola didik siswa agar siswa tak mengalami defisiensi ilmu selama PJJ berlangsung.

Untuk itu tetap semangat dalam menimba ilmu, demi keberlangsungan pendidikan di Kota Tangerang yang berkualitas, kata dia.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020