Serang, 30/5 (ANTARA) - Hampir sebagian besar kamar di sejumlah  hotel di Pantai Anyer Serang terisi penuh sejak hari pertama libur panjang akhir pekan Jumat (28/5) sampai Minggu (30/5).

Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Kabupaten Serang, Sukirman di Serang, Minggu mengatakan, tingkat hunian sejumlah hotel di Pantai Anyer sejak Jumat (28/5) malam terisi hampir 100 persen atau meningkat dari hari biasanya yang hanya sekitar 50 hingga 60 persen dari jumlah kamar yang ada.

"Pengunjung pantai mulai ramai sejak Jumat malam, mereka rata-rata memesan kamar dua malam," kata Sukirman.

Menurut Sukirman, berdasarkan pantauan di sejumlah hotel, seperti Hotel Marbela, Patra Jasa, Pisita, Nuansa Bali dan sejumlah hotel lainnya, rata-rata tingkat hunian hampir 100 persen. Bahkan, pada Jumat malam banyak pengunjung yang datang untuk memesan kamar hotel, namun mereka tidak kebagian karena sudah penuh.

Ia mengatakan, seperti di Hotel Patra Jasa dari 70 kamar hotel yang ada dengan berbagai kelas, diantaranya 4 kelas Suite, 28 superior, 30 standar sea view dan delapan kamar kelas standar garden view, semuanya terisi penuh. Begitu juga di beberapa hotel lainnya di sepanjang Pantai Anyer.

Sukirman mengatakan, pengunjung yang datang pada libur panjang akhir pekan (long weekend) selama tiga hari tersebut, rata-rata tamu hotel yang datang rombongan keluarga dari daerah Jakarta dan Bandung. Namun demikian, pihak pengelola hotel tidak mengadakan acara penyambutan khusus, seperti hari libur tahun baru atau libur panjang hari raya Idul Fitri, hanya penyambutan seperti libur akhir pekan biasanya.

"Penyambutan seperti libur akhir pekan biasanya, beberapa hotel ada yang menyuguhkan kesenian dan tarian tradisional," katanya.

Ia mengatakan, selama libur panjang akhir pekan, kondisi pantai Anyer cukup bagus karena ombak tidak terlalu besar serta cuaca selama dua hari juga bagus. Selain, penunjung yang datang dari luar wilayah Banten, pengunjung dari sekitar wilayah Banten dengan mayoritas menggunakan roda dua, juga memadati Pantai Anyer terutama pada hari libur terakhir.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010