Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang telah memilih hotel Hotel Kyriad yang berlokasi di Jl. Marsekal Surya Darma No. 1, Kelurahan Karang Sari, sebagai tempat isolasi mandiri pasien positif COVID-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG).

Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin di Tangerang Senin mengatakan telah disiapkan satu tower khusus dengan total tujuh lantai berkapasitas 165 kamar untuk pasien positif COVID-19 berstatus OTG.

Baca juga: Dishub Lebak optimalkan titik pemeriksaan kendaraan selama PSBB

"Ada tujuh lantai, dengan kapasitas 165 kamar, termasuk dan juga rooftop, untuk berjemur pasien. Direncanakan, hari ini, Senin (5/10) sudah mulai kami operasikan," katanya.

Sachrudin berharap dengan disiapkan hotel sebagai tempat isolasi pasien COVID-19 ini, bisa menjadi salah satu alternatif bagi pemerintah daerah untuk menekan angka penyebaran COVID-19 dan meningkatkan angka kesembuhan pasien positif COVID-19 di Kota Tangerang.

"Dengan adanya fasilitas yang kami siapkan ini, tentu harapan kami mereka bisa cepat sembuh. Sehingga tidak ada lagi yang melakukan isolasi mandiri di rumah yang malah berakibat menularkan ke anggota keluarga lainnya," ucap Sachrudin.

Ditemui di tempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr. Liza Puspadewi menyampaikan pemkot telah mempersiapkan empat dokter jaga, yang setiap dokter bertanggung jawab terhadap 40 pasien OTG yang dikarantina. "Dokternya sudah kami persiapkan, sesuai kebutuhan nantinya," katanya.

"Zona hijaunya ada di lantai 2, dimana akan menjadi kamar peristirahatan dokter, nakes, logistik obat-obatan, ruang perawatan pasien, dan ruang steril untuk dokter dan nakes bersih-bersih," kata Liza.

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020