Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Banten Erwin Soeriadimadja berharap pelaku ekonomi dan keuangan syariah yang diikutsertakan dalam lomba pada Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Jawa 2020 di Surabaya, 5-10 Oktober mendatang bisa menjadi "role model".  

"Mudah-mudahan perwakilan UMKM binaan syariah, Pondok Pesantren, wisata religi, seni budaya Islam dan lembaga Zakat, Infak, Sadaqah dan Wakaf (ZISWak) unggulan yang diikutkan dalam lomba bisa menjadi 'role model' untuk yang lainnya," kata Erwin kepada wartawan melalui virtual yang dilaksanakan, Kamis (1/10).

Erwin menjelaskan bahwa FESyar 2020 di Surabaya yang diselenggarakan secara virtual itu akan menampilkan dan mempromosikan berbagai produk dan kegiatan terkait ekonomi syariah secara terstruktur di seluruh regional Jawa.

Festival itu diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari opening ceremony, seminar, talkshow dan workshop yang melibatkan tokoh-tokoh penggiat ekonomi syariah Indonesia, serta serangkaian kegiatan 'business coaching' untuk UMKM.

Untuk kegiatan "Sharia Fair" menampilkan galeri virtual karya kreatif UMKM di Kawasan Jawa dan capaian perkembangan ekonomi syariah Indonesia dari para penggiat ekonomi syariah Indonesia serta kegiatan 'coaching clinic' dari para pakar dan kesempatan 'business matching usaha'.

Untuk kegiatan lomba, Erwin mengaku bahwa pihaknya telah memilih secara selektif peserta yang berpotensi memenangkan lomba tersebut, seperti perlombaan pemberdayaan ekonomi diwakilkan oleh Pondok Pesantren Al-Mizan dari Kabupaten Lebak.

Kemudian lomba seni budaya Islam diwakilkan oleh Ponpes dari Pandeglang dan lomba ZISWak juga diwakili oleh ekonomi syariah dari Kabupaten Pandeglang.

Erwin optimistis ekonomi dan keuangan syariah di Banten berkembang pesat, karena ditopang oleh peran perbankan syariah yang cukup tinggi dengan penghimpunan dana berkisar 5-6 persen, lebih tinggi sedikit dibandingkan provinsi lain.

"Jumlah kantornya ada sekitar 95 kantor cabang berbasis syariah, yang tentu mendorong pertumbuhan keuangan, ditambah pula masyarakat Banten berbasis mayoritas Islam, sehingga semakin memperkuat perkembangan ekonomi di Banten," kata Erwin.

Pada kegiatan FESyar 2020 itu, Erwin Soeridimadja akan tampil pada acara talkshow dengan tema "Kumpas Tuntas Ragam Investasi Syariah", bersama Dirjen Pengelolaan pembiayaan 7 Risiko Kemenkeu Lucky Alfirman, Kepala Pasar Modal Syariah Bursa Efek Indonesia Irwan Abdalloh dan Ustadz Hilman Fauzi, Financial Planner Prita Chozie, yang dimoderatori oleh Eva Julianti dari CNN Indonesia.

Kemudian Erwin juga tampil di acara talkshow dengan tema "Gaya Hidup Sehat Alami & Halal, bersama Selebgram Kelincitertidur Kushandari, Dokter RSU Fatmawati Jakarta Dr Gia Pratama Putra dan artis Zee Zee Shahab, yang dimoderatori oleh Bayu Oktara.

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020