Kafilah Kota Tangerang menorehkan hasil menggembirakan pada pelaksanaan lomba hari pertama Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ XVII Tingkat Provinsi Banten 2020 dengan meraih medali emas.

Tercatat, per Selasa (11/8), kafilah Kota Tangerang mampu meraih dua emas dari Kategori Hafalan Golongan 1 dan 5. Lalu Perak 3 dari Kategori tahfidz 1 dan 5 juz serta Tilawah Qiroat Sab'ah. Dan, satu Perunggu untuk Grup Fahmil Qur'an atau Cerdas Cermat dari tim putri.

"Alhamdulillah, memasuki hari pertama lomba kemarin, kafilah kita mampu raih capaian positif. Insya Allah, hari ini juga bisa dapet juara lagi," jelas Kepala Sub Bagian Keagamaan Sekretariat Daerah, Zuhri, Rabu, saat dihubungi via telepon.

Sebanyak 70 kafilah Kota Tangerang, lanjut Zuhri, mengikuti sembilan kategori yang dilombakan yaitu Tilawah, Tahfidz/Hafalan Quran, Tafsir, Cerdas Cermat, Syarhil Quran/Pidato, Kitab Kuning, Hafalan Hadits, Makalah Qur'an serta Kaligrafi.

Dirinya optimistis di sisa waktu penyelenggaraan MTQ, para Kafilah Kota Tangerang akan terus berupaya menampilkan yang terbaik. Setelah pada 8-10 Agustus 2020, mengikuti Training Camp (TC) dan mendapatkan berbagai masukan dari para mentor.

"Mohon doanya ya, supaya para kafilah kita senantiasa sehat dan bisa kasih penampilan terbaik untuk Kota Tangerang," harapnya.

Sementara itu, Sekda Kota Tangerang, Herman Suwarman menjelaskan teknis pelaksanaan lomba yang menggunakan protokol kesehatan, dimana seluruh peserta sebelum bertanding telah melakukan tes cepat termasuk juga panitia dan pendamping.

"Selain itu, pelaksanaannya tidak melibatkan massa yang banyak, jadi hanya peserta dan tim dewan juri. Ditambah dengan sistem gugur, jadi yang kalah bisa langsung pulang/kembali jadi tidak menumpuk pesertanya," jelas Sekda.

Adapun MTQ XVII Tingkat Provinsi Banten, akan dihelat pada 10 Agustus 2020 di Masjid Raya Al-Bantani, Serang. Terdiri dari sembilan cabang yang dilombakan dan diadakan di lima lokasi.

Untuk MTQ tahun ini, Kota Tangerang mengirimkan 148 orang yang terdiri dari Official 21 orang, Qari-Qariah 85 orang, Pendamping 20 orang dan Pembina 22 orang.

"Ingatkan untuk selalu gunakan masker dan jaga jarak saat disana nanti. Cek selalu kesehatan para kafilah. Tentunya target kita menang dan jadi Juara Umum, tapi juga harus diingat kita masih dalam masa pandemi jadi tetap waspada," pesannya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020