Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memita para pejabat yang dilantik agar menjalankan amanah sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Serang, sebab tugas pejabat kedepan lebih berat dari uji kompetensi yang sudah terlewati.

“Saudara harus segera  bekerja ditengah pandemi COVID-19, bantu saya dengan langkah kongkrit kita dalam tekanan keterbatasan masa pandemi atas kebijakan pusat. Saya berharap implementasi program dan target yang  saudara janjikan,” kata Tatu dalam sambutannya saat pelantikan empat pejabat eselon II hasil lelang jabatan atau 'Open Bidding'  di Pendopo Bupati, Jum’at (24/07). 

Pelantikan berdasarkan keputusan Bupati Serang Nomor:821.22/Kep. 531 – Huk.BKPSDM/2020, tentang pengangkatan dalam jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.

Tatu menjelaskan, ke empat pejabat yang dilantik tersebut merupakan hasil akhir seleksi terbuka dan uji kompetensi oleh panitia seleksi (pansel). 

“Saya bersyukur dan terima kasih kepada pansel yang melaksanakan tugas secara profesional, terintegrasi, dan mendapat apresiasi langsung dan izin dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Mendagri untuk dilantik hari ini,” katanya.

Bagi pejabat eselon II yang dilantik hari ini, salah satu dari tiga besar yang melewati seleksi open bidding, dimana pada Pasal 115 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah menyebutkan dirinya sebagai pejabat pembina diberikan kewenangan memilih salah satu dari tiga nama usulan pansel. 

“Saya memilih dengan memperhatikan kualifikasi, kompetensi dan rekam jejak. Oleh karena itu ingin menyampaikan terima kasih kepada tiga peserta yang dilantik hari ini bagi yang masuk tiga besar, yang lainnya teruslah berjuang,” ujarnya.

Ke empat pejabat yang dilantik tersebut yaitu, Okeu Oktaviana menjabat sebagai kepala dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR), yang sebelumya menjabat kepala bagian pengadaan barang dan jasa sekretariat daerah (Setda).

Zaldi Dhuhana menjabat kepala dinas pertanian (Distan) sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan Holtikultura Distan Kabupaten Serang.

Selanjutnya Agus Sukmayadi menjabat kepala dinas kesehatan (Dinkes) sebelumnya ia menjabat sekretaris dinkes, dan Nanang Supriatna menjabat asisten daerah (Asda) I setda, sebelumnya Nanang menjabat Camat Waringin Kurung.

Selain empat pejabat eselon II, pada kesempatan tersebut dilantik juga sejumlah pejabat fungsional,  namun dilaksanakan secara virtual. 

Para pejabat itu meliputi fungsional pamong praja, analis kepegawaian, auditor dan pengadaan barang dan jasa.

Dalam sambutannya, Tatu juga menitipkan pesan khusus kepada kepala dinkes yang baru dilantik, yaitu mempunyai tanggung jawab besar bersama tim gugus percepatan penanggulangan COVI-19, agar menekan penyebarannya,  agar Kabupaten Serang bisamenjadi zona hijau atau nihil penambahan. 

“Selain itu proses bisnis dalam upaya meningkatkan Indeks pembangunan manusia (IPM) di bidang kesehatan. Harus mampu juga menekan tingginya angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB). Saya tunggu langkah kongkritnya,” tegasnya.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Serang ini juga menekankan kepada  para pejabat, yakni asda I setda, kepala distan, dan kepala DPUPR, agar segera bekerja dengan mengedepankan kepentingan masyarakat. 

“Segera bekerja bantu saya, jangan berleha-leha, bekerja dengan janji yang disampaikan pansel kepada saya yang berintegritas, profesional ditengah tekanan baik pandemi maupun perubahan kebijakan. Begitupun pejabat fungsional, agar segera bangun anugerah yang kita terima,” tuturnya.

Turut hadir pada pelantikan tersebut Wakil Bupati Sernag, Pandji Tirtayasa, Sekda, Tubagus Entus Mahmud Sachiri, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang, Mohamad Ishak Abdul Raup dan sejumlah kepala  dinas. 

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang, Mohamad Ishak Abdul Raup menambahkan, untuk pejabat fungsional yang dilantik sebanyak 
22 orang, yaitu di Inspektorat 12 orang, Satpol PP 8 orang, analisis dinkes 1 dan pokja pengadaan barang dan jasa pada ULP 1 orang.

Sedangkan jabatan eselon 3 dan 4 yang masih kosong, akan dilakukan pelantikan setelah selesai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang  9 Desember 2020 mendatang. 

“Dalam satu atau dua hari kedepan akan di pelaksana tugaskan jabatan yang kosong, tapi nanti akan dikoordinasikan dengan baperjakat terlebih dahulu,” ujarnya.
 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020