Lebih dari 35 ribu calon mahasiswa baru dari berbagai daerah di Indonesia, khususnya Jawa Timur, tahun ini mendaftar di IAIN Tulungagung, baik melalui jalur seleksi prestasi akademik maupun jalur umum.

Rektor IAIN Tulungagung, Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag saat berbincang dengan sejumlah pekerja media di Tulungagung, Kamis menyebut, kampus yang dipimpinnya saat ini bahkan boleh dibilang menjadi favorit bagi calon mahasiswa baru, khususnya untuk kategori perguruan tinggi berlatar belakang Islam.

"Untuk kelompok IAIN, kami (IAIN Tulungagung) terbanyak (pendaftarnya) tahun ini. Tapi kalau tingkat basional, IAIN Tulungagung nomor delapan di antara UIN-UIN (Universitas Islam Indonesia)," kata Maftukhin.

Maftukhin mengatakan, tahun ajaran baru ini (2020/2021) jumlah calon mahasiswa baru yang mendaftar di kampusnya, bahkan lebih banyak dibanding UIN Malang, yakni mencapai 35.904 calon.

Rinciannya, dari jalur SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) sebanyak 21.972 pendaftar dan jalur UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) sebanyak 13.932 pendaftar.

"Jalur prestasi ini sudah selesai. Dari jalur SPAN ini diterima sebanyak 2.409 calon mahasiswa baru. Sementara dari jalur UM, untuk gelombang pertama telah diterima 1.500 dan untuk gelombang kedua akan diseleksi lagi sebanyak 1.269 (kuota total jalur UM-PTKIN sebanyak 2.769 kursi)," ujarnya.

Menurut dia, di masa pandemi COVID-19 ini proses ujian masuk di IAIN Tulungagung sendiri dilakukan secara daring.

Kebijakan daring tersebut, katanya, juga akan diberlakukan saat daftar ulang mahasiswa baru nanti demi mencegah risiko penularan COVID-19 di kampus IAIN Tulungagung.

Selain mahasiswa domestik yang mayoritas berasal dari Jatim, IAIN Tulungagung juga menerima mahasiswa asing dari Thailand sebanyak 25 calon, dari Filipina  enam calon untuk jenjang S-1 dan dari Libya sebanyak 12 calon mahasiswa untuk jenjang S-2 dan S-3.

Kampus IAIN Tulungagung, kata dia, saat ini untuk jenjang sarjana strata 1 (S-1) memiliki empat fakultas dengan 34 jurusan, strata 2 (S-2) sebanyak 10 prodi, dan S-3 sebanyak dua prodi.

Total mahasiswa IAIN Tulungagun saat ini ada sekitar 19.400-an orang, tersebar di S-1, S-2 dan S-3. Sementara jumlah tenaga dosen ada sekitar 500-an orang. 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020