Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop-UKM) Kota Tangerang melakukan pelatihan kewirausahaan bagi 50 karyawan PT. Amcor Flexible Indonesia yang mengalami pensiun dini karena dampak dari COVID-19.

Kepala Bidang UKM pada Disperindagkop-UKM Kota Tangerang, Katrin Iswandari di Tangerang, Banten, Jumat, mengatakan, pelatihan dimaksudkan agar karyawan tetap produktif dan memiliki pendapatan setelah mengalami kondisi pensiun dini.

"Kita membantu memberikan koneksi dan peluang usaha yang bisa dilakukan karyawan saat kondisi saat ini sehingga tetap memiliki pendapatan," ujarnya.

Diakuinya, pandemi corona telah berdampak pada seluruh sektor usaha dan jasa. Termasuk juga sektor UKM yang terkena imbasnya. Namun, ada peluang dari usaha di sektor UKM di tengah pelaksanaan PSBB.

UKM mempunyai potensi besar untuk maju dan berkembang serta berkontribusi dalam mengurangi pengangguran. Sebab, UKM dapat menyerap banyak tenaga kerja.

Pelaku UKM dapat memanfaatkan teknologi dalam pemasaran produk sehingga tetap eksis dan berkelanjutan. Meski diakuinya, UKM kerap alami kendala dalam beradaptasi dengan teknologi yang berkembang pesat.

"Kehadiran pemerintah adalah untuk membantu mengatasi kendala tersebut dan memberikan kemudahan agar masyarakat dapat masuk dalam industri UKM," ujarnya.

Untuk masa normal baru, UKM dapat melihat peluang yang besar karena perubahan perilaku konsumen saat ini. Sebab warga kini memilih belanja melalui jalur online dibandingkan offline. "Pada masa saat ini, perilaku belanja mengarah kepada online dan ini peluang besar,"ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020