Juru bicara Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Boy Yandra mengatakan 38 dari 57 orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan dan diperbolehkan pulang.

"Tercatat sudah 38 orang dari 57 pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh dan yang bersangkutan sudah diperbolehkan pulang," kata Boy Yandra di Sungailiat, Jumat.

Ia mengatakan banyaknya jumlah pasien yang sembuh tersebut menunjukkan tren positif penanganan pasien COVID-19 di daerah itu yang mencapai 66.6 persen.

Pasien yang dinyatakan sembuh itu dari Kecamatan Pemali, dimana 26 orang terkonfirmasi positif COVID 19 dan yang dinyatakan sembuh 15 orang, Kecamatan Sungailiat dari 16 pasien positif COVID-19, sembilan orang sembuh.

Dari Kecamatan Belinyu sembilan pasien positif COVID-19 dan semua dinyatakan sembuh, Kecamatan Merawang dinyatakan sembuh semua dari empat orang pasien positif, serta Puding Besar terdapat satu orang pasien positif sudah dinyatakan sembuh, sedangkan satu pasien dari Kecamatan Mendo Barat masih menjalani perawatan sambil menunggu hasil swab yang kedua.

Dikatakan, pihaknya secara masif melakukan pemeriksaan usap maupun tes cepat yang mencapai ribuan orang, baik dilakukan secara massal di Puskesmas maupun di rumah sakit.

"Dengan tes massal secara masif tersebut segera dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19," kata Boy Yandra.

Dia menegaskan pihaknya bersama relawan dan pihak terkait lainnya secara rutin melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan, termasuk penegakan disiplin kepada pengguna kendaraan umum di jalan raya, warung kopi atau tempat umum lainnya yang banyak dikunjungi warga.

"Saya ingatkan masyarakat agar tetap disiplin menjaga kesehatan serta mematuhi protokol kesehatan COVID-19, seperti mencuci tangan secara rutin dengan sabun, memakai masker saat keluar rumah dan menghindari kerumunan atau menjaga jarak," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020