Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kota Tangerang melakukan penjajakan kerja sama dengan marketplace dalam pemasaran produk UKM untuk meningkatkan penjualan.

Kepala Bidang UKM Kota Tangerang, Katrina Iswandari di Tangerang, kamis, menjelaskan pemasaran sistem daring atau online  di tengah pandemi saat ini merupakan salah satu cara yang optimal dalam memasarkan produk UKM agar tetap berkembang.

Saat ini ada dua marketplace yang sedang dilakukan penjajakan yakni Tokopedia dan Shopee untuk pemasaran online produk UKM. "Intinya, produk UKM ini mendapatkan ruang dalam pemasaran sekaligus pelatihan kepada pemilik usahanya dalam penjualan berbasis online," ujarnya.

Selain itu  Bidang UKM juga melakukan kerja sama dengan sejumlah perusahaan terkait pendampingan, magang, maupun pelatihan bagi pelaku UKM. Targetnya, produk UKM tersebut dapat terjual maupun dipasarkan dalam jangkauan lebih luas.

"Perlu ada strategi dalam pemasaran. Maka itu, kita lakukan kerja sama dengan perusahaan agar produk UKM tersebut dapat dipromosikan lebih luas lagi," ujarnya.

Mengenai bantuan dana kepada pelaku UKM, Katrina menuturkan hampir sebagian besar pelaku UKM terkena imbas dari pandemi Corona ini.

Pemasukan alami penurunan yang sangat drastis dengan nilai yang beragam karena  penjualan tak bisa secara langsung seperti biasanya setelah adanya pembatasan pertemuan dalam keramaian.

"Kita telah mendorong kepada pelaku UKM untuk ikut dalam Program Tangerang Emas maupun dengan perbankan dalam pinjaman tanpa bunga untuk menjaga penjualan dan produksi berjalan," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020