Kepolisian Resor (Polres) Bengkalis, Riau, melakukan pemantauan di 30 titik lokasi yang menjadi perhatian khusus dalam penerapan New Normal di tengah pandemi COVID-19.

"30 titik ini akan kita lakukan pengawasan dengan menempatkan personel polisi sehingga protokol kesehatan berjalan dengan baik," ujar Kepala Polres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan di Bengkalis, Rabu.

Tujuan pengawasan ini kata Kapolres, agar masyarakat disiplin dan mematuhi aturan dan tidak terjadi kerumunan dan diterapkannya physical distancing  atau jaga jarak.

"Selain itu penggunaan masker dan protokol kesehatan lainnya agar dijalankan dengan baik," kata Kapolres.

Lokasi dimaksud merupakan tempat-tempat yang menjadi pusat aktivitas ekonomi masyarakat. Misalnya, pasar tradisional, pasal modern, di pelabuhan ferry penyeberangan dan sebagainya.

"Contohnya, pasar Terubuk di Kecamatan Bengkalis dan Mal Mandau City di Duri, Kecamatan Mandau," sebut Kapolres.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis Ersan Saputra mengimbau masyarakat di pesisir Provinsi Riau itu untuk tetap disiplin memakai masker saat keluar rumah dalam penerapan kenormalan baru atau New Normal yang diberlakukan saat ini.

“Penularan COVID-19 bisa melalui hidung, mulut dan mata lewat droplet (cipratan) cairan dari batuk dan bersin. Selain tetap menjaga jarak ketika berinteraksi, cara pencegahan yang terbaik dengan selalu memakai masker bila bepergian,” pesan Ersan Saputra.

Menurut Ersan, tatanan kehidupan di masa new normal bukan seperti normalnya kehidupan sebelum adanya pandemi COVID-19.

Hal itu diingatkannya, karena ada sebagian masyarakat yang memiliki pemahaman bahwa new normal itu sama dengan tatanan kehidupan ketika belum adanya pandemi COVID-19.

“Tidak sama dan jangan disamakan. Pada saat new normal diberlakukan, protocol kesehatan untuk penanganan COVID-19 masih diterapkan. Karena pandemi ini memang belum berakhir,” ujarnya.
 

Pewarta: Alfisnardo

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020