Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, menyerahkan Kartu Tani kepada para petani di daerah itu sebagai bentuk kepedulian dalam mensejahterakan kehidupan para petani.

Kepala Dinas Pertanian Serdang Bedagai, Radianto Panjis di Seirampah, Rabu, mengatakan, Kartu Tani yang diserahkan pada tahap pertama ini berjumlah 5.813 kartu yang dialokasikan untuk 11 kecamatan.

Kecamatan itu yakni Kecamatan Sei Rampah, Pegajahan, Tebing Tinggi, Tebing Syahbandar, Perbaungan, Tanjung Beringin, Bintang Bayu, Sei Bamban, Teluk Mengkudu, Dolok Masihul dan Pantai Cermin.

Selanjutnya untuk enam kecamatan lagi akan menyusul pada penyerahan Kartu Tani tahap kedua.

"Kartu Tani ini memiliki beragam manfaat antara lain dapat digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi, menjual hasil panen tanpa perantara, kemudahan mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR), kemudahan mendapatkan bantuan sosial dan bantuan bersubsidi, serta dapat digunakan sebagai tabungan," katanya.

Sementara Bupati Serdang Bedagai, Soekirman, mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada PT. Bank BNI dengan Kartu Tani dan e-Warung sebagai sebuah terobosan ekonomi yang sangat baik sejalan dengan visi Kabupaten Serdang Bedagai yang unggul, inovatif dan berkelanjutan.

"Kartu Tani dalam bentuk ATM ini termasuk uang elektronik atau e-money, yang dalam hal ini dapat menghindarkan kita dari peredaran uang fisik yang rentan dapat membawa virus COVID-19," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Pimpinan Bank BNI Cabang Tebing Tinggi, Maralun Sitompul mengemukakan bahwa penyaluran Kartu Tani oleh Kementerian Pertanian dipercayakan kepada PT Bank BNI (Persero) untuk 5.813 petani di Serdang Bedagai pada tahap pertama tahun ini.

Selanjutnya bagi para penerima kartu tani dalam bentuk ATM itu dapat menggunakannya untuk belanja pupuk, pestisida dan lainnya sesuai ketentuan di e-Warung bekerjasama dengan BNI yang ada di desa-desa.

"Keuntungan dari pemegang kartu tani ini adalah adanya subsidi sampai ke masyarakat petani," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020