Tangerang Akan Bangun Pelabuhan Terbesar Di Pantura

Kamis, 29 September 2011 17:19 WIB

Tangerang, (ANTARABanten) - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, akan membangun pelabuhan terbesar di Kota Baru, kawasan Pantai Utara, untuk  mengurangi kepadatan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

"Pembangunan pelabuhan di kawasan Kota Baru Pantura telah tertuang dalam rancangan pembangunan," kata Kepala Dinas Tata Ruang Kabupaten Tangerang Akip Syamsudin di Tangerang, Rabu.

Akip menjelaskan, pelabuhan terbesar tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 2.000 hektare.

Apabila rencana pembangunan pelabuhan di kawasan Kota Baru Pantura tersebut terealisasi, akan menjadi pelabuhan terbesar di Indonesia.

Pembangunan Kota Baru Pantura akan dimulai pada 2012.  Saat ini, tengah dilakukan persiapan terkait dimulainya rencana pembangunan fisik termasuk pembangunan Jalan Lingkar Luar Jakarta II.

Merujuk target, kawasan Kota Baru Pantura bakal menjadi salah satu sentra bisnis di Kabupaten Tangerang. Di dalamnya bakal dibangun hotel, pusat perniagaan modern, permukiman, apartemen, dan pelabuhan peti kemas.

Pembangunan kawasan Kota Baru Pantura akan memberikan pemasukan nagi pendapat asli daerah Kabupaten Tangerang. "Target ke depan adalah kawasan dan pelabuhan ini akan meningkatkan PAD Tangerang," katanya