Kemenlu Perkenalkan Suasana Sidang Asean Bagi Pelajar

Rabu, 13 April 2011 16:11 WIB


Serang (ANTARABanten) - Kementerian Luar Negeri memperkenalkan suasana sidang negara-negara anggota Asean kepada para pelajar SMA/MA dan SMK se-Provinsi Banten, melalui perlombaan simulasi debat Asean yang diselenggarakan di gedung DPRD Banten di Serang, Rabu.


Direktur Kerja Sama Ekonomi Asean Kemenlu Rahmat Pramono di Serang, Rabu mengatakan, perlombaan simulasi sidang Asean tingkat SMA/MA dan SMK se-Provinsi Banten bertujuan untuk menyosialisasikan eksistensi organisasi negara-negara Asia Tenggara tersebut bagi masyarakat dan para pelajar.

"Tujuan perlombaan ini untuk mengingatkan dan meningkatkan pemahaman masyarakat dan pelajar tentang keberadaan Asean," kata Rahmat Pramono didampingi Kasubdit Sumberdaya Alam dan Komoditi Direktorat Kerjasama Asean Kementerian Luar Negeri Rumondang.

Ia mengatakan, perlombaan simulasi sidang Asean tingkat SMA/MA dan SMK se-Provinsi Banten diikuti 60 sekolah dengan anggota tujuh orang setiap tim dibagi beberapa persidangan.

Substansi penilaian diantaranya mengenai substansi pembahasan dalam sidang, cara mempertahankan argumen, kekompakan serta kejelasan tema yang dibahas dalam sidang juga bahasa Inggris yang digunakan dengan baik dan benar dalam simulasi persidangan tersebut.

"Tema yang dibahas harus jelas mengenai isu-isu yang berkembang di Asean saat ini seperti masalah terorisme, ekonomi dan lainnya," kata Rahmat Pramono.

Kegiatan tersebut dilakukan Kementerian Luar Negeri sejak 2010 di Jawa Timur dan 2011 diselenggarakan di Banten dan Sumatera Barat. Kegiatan tersebut diharapkan bisa dilaksanakan untuk tingkat Nasional pada 2015.

Sementara itu suasana perlombaan simulasi persidangan Asean yang dilangsungkan di dalam ruang sidang DPRD Banten, dihadiri ratusan pelajar yang memberikan dukungan kepada peserta dari masing-masing sekolahnya.

Dalam perlombaan simulasi sidang tersebut, para perserta dari masing-masing sekolah menempati meja sidang yang sudah dipasang bendera dan nama negara anggota Asaean.