Senin, 25 September 2017

Pemkab Siap Menyukseskan Membangun Indonesia Dari Pinggiran

id Pemkab Siap Menyukseskan Membangun Indonesia Dari Pinggiran
Pandeglang (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, siap menyukseskan program Membangun Indonesia dari Pinggiran yang dicangkan Presiden RI Joko Widodo.

"Kita siap menyukseskannya dan program ini mudah-mudahan mendorong Pandeglang lebih cepat maju dan keluar dari ketertinggalan," kata Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pandeglang, Minggu.

Menurut dia, banyak kegiatan yang dilaksanakan dalam program itu di Kabupaten Pandeglang, di antaranya melalui ementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PPDT).

Beberapa program Kemendes PDTT dilaksanakan di Kabupaten Pandeglang, di antaranya pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan perusahaan desa (Prudes).

"Ada empat program unggulan Kemendes PDTT yang dilaksanakan di Pandeglang, seperti BUMDes dan Prudes dan kita harapkan  dikelola dengan baik," ujarnya.

Bupati mengharapkan pembentukan Badan Usaha Miliki Desa (BUMDes) yang dibiayai bantuan anggaran dana desa (ADD)  menjadi salah satu solusi dalam mengentaskan penganguran di Kabupaten Pandeglang.

"Saya optimistis pembentukan BUMDes menjadi salah satu solusi menekan angka pengangguran, karena ditekankan seluruh desa membentuk badan usaha itu," katanya.

Pemkab Pandeglang menargetkan  pada 2017 seluruh desa yang ada di Kabupaten Pandeglang telah memiliki BUMDes. Di daerah ini ada 326 desa.

Berdasarkan data  pengangguran di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten berkurang dari sebelumnya 57 ribu jiwa, atau 12,34 persen dari jumlah penduduk menjadi hanya 50 ribu jiwa (10,22 persen).

Meski terjadi penurunan, namun jumlah pengangguran di daerah itu masih cukup tinggi itu karena tingkat penyerapan tenaga kerja relatif rendah, yakni hanya 26,27 persen.

Editor: Ganet

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga