Senin, 25 September 2017

UNIS Tangerang Canangkan Minat Baca Mahasiswa Baru

id UNIS Tangerang Canangkan Minat Baca Mahasiswa Baru
Tangerang (Antara News) - Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang menggelar Program Pembinaan Kebersamaan Mahasiswa Baru (PPKMB) atau sebelumnya dikenal dengan Ospek yang diikuti 1.500 mahasiswa baru, dengan tema Mengembangkan Minat Baca.

Rektor Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang Prof Dr Mustafa Kamil, di Tangerang, Sabtu, mengatakan minat baca masyarakat saat ini sangat rendah.

Menurutnya, kemajuan teknologi yang sejatinya bisa memberikan kemudahan dalam mendapatkan materi bacaan, ternyata semakin membuat orang malas, terutama bacaan tentang ilmu pengetahuan.

Karena itu, pada momentum Program Pembinaan Kebersamaan Mahasiswa Baru (PPKMB) ini, UNIS Tangerang mewajibkan setiap mahasiswa membawa satu buku bekas sesuai dengan jurusan kuliah mereka.

"Jadi, mahasiswa baru yang mengikuti PPKMB diwajibkan untuk membawa buku bacaan sesuai dengan jurusan, serta satu pohon sebagai gerakan penghijauan," katanya, usai acara Senat Terbuka PPKMB di Kampus UNIS Tangerang.

Upaya lain dalam meningkatkan minat baca adalah dengan mencanangkan bulan membaca serta membuat perpustakaan daring (online library), sehingga bisa diunduh oleh mahasiswa kapan pun.

"Kami juga terus meningkatkan jumlah buku di perpustkaan mencapai 100 ribu judul buku. Kami juga mendorong untuk dibuat banyak jurnal dan riset dari dosen," katanya lagi.

Suhaya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNIS mengatakan, dalam PPKMB ini para mahasiswa mendapatkan materi mengenai bela negara, kecintaan kepada NKRI, pengamalan UUD 1945 dan Pancasila, tes kesehatan dari narkoba, pencegahan dari paham radikalisme, terorisme dan plagiat.

Kegiatan itu berlangsung tiga hari sejak 30 September hingga 2 September di Kampus UNIS Tangerang.

Sesuai dengan keputusan Menristekdikti, kegiatan PPKMB dijalankan oleh mahasiswa dan pihak rektorat untuk mengantisipasi tidak terjadi perpeloncoan.

Editor: Ganet

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga