Universitas Budi Luhur Buatkan Website Khusus Petani

id Universitas Budi Luhur Buatkan Website Khusus Petani
Jakarta, (Antara News) - Universitas Budi Luhur Jakarta membuatkan aplikasi berbasis website khusus petani yang bertujuan untuk membantu para pelaku usaha mikro dalam melakukan aktivitasnya.

"Website yang bernama Agrobizportal.com adalah sebuah aplikasi berbasis web yang ditunjukan bagi petani untuk menceritakan kegitan harian bertaninya," kata peneliti yang juga dosen pascasarjana  Universitas Budi Luhur Dr Tjahjanto   di Jakarta, Sabtu.

Caranya, kata dia, dengan mendaftar menjadi anggota dan mengisikan semua informasi kegiatan bertaninya kedalam form-form elektronik yang ada di agrobizportal.com.

Kemudian, layaknya kegiatan media sosial Facebook, petani bisa menuliskan beragam pengalamannya yang sedang berlangsung atau yang sudah berlalu kedalam form elektronik yang ada.

"Website ini pun telah disosialisasikan kepada para petani seperti di Aceh beberapa waktu lalu dalam acara pelatihan Jaringan Informasi Agrobisnis di Aceh," katanya.

Melalui aplikasi agrobizportal.com, Divisi Researh dan Pengabdian Masyarakat Universitas Budi Luhur mencoba untuk menghimpun informasi kegiatan pertanian dari petani untuk petani.

Targetnya adalah untuk membangun informasi pertanian yang strategis dan dalam rangka ikut membantu membangun Pertanian Indonesia melalui Kementerian Pertanian pada direktorat Pusat Data dan Sistem Informasi.

Penggunaan internet yang produktif akan mendukung percepatan pertumbuhan intelektual bangsa. Sehingga adanya internet cepat di masyarakat harus dibarengi dengan isi yang produktif pula, dan diperlukan kerja sama kampus dan pemerintah untuk memberikan penyuluhan penggunaan internet yang produktif," katanya.

Divisi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Budi Luhur, Krisna Adiyata menuturkan telah bekerja sama dengan Startup kampus yang telah menjadi perusahan CNPLUS dan terus membangun aplikasi-aplikasi berbasis web yang langsung bermanfaat untuk masyarakat.

Misalnya saja yaitu Big Data melalui portal-potal webnya umkmportal.com, agrobizportal.com, FinTech (Financial Teknologi) melalui CEN+, TJFinance dan IoT (Internet of Things).

Editor: Ganet

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga