Serang (AntaraBanten) - Pemerintah Kabupaten Serang, Banten, saat ini sedang memproses pembelian tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) menggunakan dana APBD Murni Tahun 2013 senilai Rp4,5 miliar.

Ketua Tim Kelompok kerja (Pokja) Unit Layanan Pengadaan barang dan jasa (ULP) Kabupaten Serang Mitra Loviandri di Serang, Jumat (20/9), mengatakan untuk proses lelang secara E-proc (lelang elektronik) sudah selesai dan telah ditentukan pemenangnya.

"Namun untuk nama perusahaan yang memenangkan proyek tersebut saya tidak bisa memberitahukannya," ujarnya tanpa menjelaskan alasannya.

Mitra menjelaskan, untuk pengadaan tiga unit Mobil Damkar, dua di antaranya dengan spesifikasi tangki bermuatan 5.000 liter dan satu unit 3.000 liter. Untuk proses lelangnya sendiri secara e-proc yang diikuti sebanyak 36 perusahaan, dan enam di antaranya yang maju dengan mengajukan kembali dokumen penawaran harga.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang Hulaely Asykin membenarkan, untuk pengadaan tiga mobil Damkar saat ini tengah dilakukan proses pembeliannya oleh pihak ketiga atau kontraktor.

"Kami (BPBD) sifatnya hanya mengajukan pengadaan, kemudian untuk proses lelangnya oleh pihak ULP Kabupaten Serang," ujarnya.