Serang (ANTARABanten) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Banten mengupayakan perbaikan tiga terminal di Banten selesai sebelum lebaran atau  Hari Raya Indul Fitri 1433 Hijriyah.


"Kita berharap sebelum lebaran tiga terminal itu  sudah selesai dikerjakan. Terutama Terminal Terpadu Merak (TTM) dan Terminal Pakupatan Serang," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Banten Husni Hasan di Serang, Minggu.

Tiga terminal di Banten yang mendapatkan anggaran perbaikan dari APBN tahun 2012, yakni Terminal Terpadu Merak (TTM) Kota Cilegon, Terminal Kadubanen Pandeglang dan Terminal Pakupatan Kota Serang. Hanya Terminal Pakupatan yang sudah selesai proses pelelangan.

"Terminal Terpadu Merak (TTM) Kota Cilegon belum selesai lelang dan masih terkendala administrasi yang belum diselesaikan. Demikian juga dengan Terminal Kadubanen," kata Husni Hasan.

Ia mengatakan, untuk perbaikan Terminal Pakupatan sudah selesai lelang sehingga tidak lama lagi perbaikan berupa 'emplacement' bisa segera dimulai.

"Kita berharap sebelum lebaran sudah selesai dikerjakan," katanya.

Menurut dia, Terminal Pakupatan dan TTM merupakan terminal yang menjadi jalur bagi lalu lintas angkutan lebaran sehingga harus dalam kondisi baik.

Sebagaimana diketahui, anggaran untuk perbaikan tiga terminal di Banten tersebut mencapai Rp25 miliar yang bersumber dari APBN 2012. Perinciannya, Terminal Pakupatan Kota Serang senilai Rp10 miliar, Terminal Terpadu Merak Kota Cilegon senilai Rp10 miliar dan Terminal Kadubanen Kabupaten Pandeglang senilai Rp5 miliar.

Husni menyatakan, dengan waktu sekitar dua bulan menjelang Idul Fitri 1433 H, pihaknya berharap perbaikan terminal tersebut segera dilaksanakan sehingga bisa memperlancar arus mudik lebaran tahun 2012.

Ia juga menyampaikan hasil rapat koordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tentang kesiapan penanganan arus mudik Idul Fitri 2012, khusus untuk Banten, lebih terkonsentrasi penanganan jalur penyeberangan laut, udara dan jalur menuju objek pariwisata.