Serang (ANTARABanten) - Dua daerah di Provinsi Banten dijadikan proyek percontohan program revitalisasi tambak udang Pantura oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dalam upaya peningkatan produksi perikanan budidaya di wilayah Jawa.


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Banten Suyitno di Serang, Selasa mengatakan, dalam upaya meningkatkan produksi perikanan budidaya melalui industrialisasi perikanan budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memiliki program diantaranya revitalisasi tambak udang wilayah Pantai Utara (Pantura).  Dua derah di Banten yang akan dijadikan proyek percontohan budidaya udang tersebut, yakni Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang.

Dua daerah tersebut di Kabupaten Serang berada di Kecamatan Pontang, Tirtayasa dan Tanara. Sedangkan di Kabupaten Tangerang berada di Kecamatan Kemiri dan Kronjo, dengan jenis budidaya udang vaname dan udang windu.

"Program ini merupakan bagian dari Industrialisasi Perikanan Budidaya oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan," kata Suyitno.

Menurutnya, industrialisasi perikanan budidaya adalah, proses perubahan sistem produksi untuk meningkatkan nilai tambah, produktivitas dan skala produksi perikanan budidaya melalui  revitalisasi  dan modernisasi, yang didukung dengan arah kebijakan terintegrasi antara pengembangan infrastruktur, sistem investasi, IPTEK dan SDM untuk kesejahteraan rakyat

"Salah satu fokus komoditas dalam industrialisasi perikanan tersebut adalah udang," kata Suyitno.

Menurutnya, target lokasi industrialisasi udang di Indonesia sampai dengan 2014 mencakup empat provinsi, yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dengan total luas lahan 135.213 hektar yang tersebar di 22 kabupaten.

Budidaya udang merupakan komoditas penting dengan volume produksi nasional pada tahun 2011 sekitar 414.014 ton, dengan sebagian besar produksi udang tersebut berasal  dari Pulau Jawa yaitu sekitar 105.253 ton.

Suyitno mengatakan, pengembangan tambak udang di wilayah Banten pada tahun 2012, direncanakan akan dilakukan di atas lahan 2.103 hektar dengan target produksi sebesar 3.040 ton.  Adapun rincian lokasi pengembangan tambak udang tersebut, di Kabupaten Serang di atas lahan 645 hektar dan target produksi sebesar 540 ton. Sedangkan di Kabupaten Tangerang dilakukan diatas lahan 1.458 hektar dengan target produksi 2.500 ton.

Sedangkan pada tahun 2013, ditargetkan pengembangan tambak udang diatas lahan sekitar 2.449 hektar dengan target produksi sebesar 1.920 ton. Kemudian pada 2014 target budidaya udang diatas lahan sekitar 3.365 hektar, dengan target produksi 4.700 ton.

"Akan kami kembangkan 1.260 hektar di Kabupaten Serang dengan target produksi sebesar 1.000 ton. Kemudian di Kabupaten Tangerang di atas lahan 3.365 hektar dengan target produksi sebesar 4.700 ton," kata Suyitno.

Kepala Humas Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Banten Arief Effendy mengatakan, untuk menyukseskan program revitalisasi tambak udang Pantura tersebut, STP Banten akan menggelar panen udang pada 24 Mei 2012. Panen udang tersebut untuk dijadikan contoh pengembangan program budidaya udang oleh KKP.