Pandegelang (ANTARABanten) - Bupati Pandeglang, Provinsi Banten Erwan Kurtubi meminta, semua elemen di daerah itu mendukung pembentukan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata.


"Pembangunan KEK pariwisata di Pandeglang merupakan keinginan kita bersama, jadi saya minta semua elemen memberikan dukungannya," katanya di Pandeglang, Selasa.

Ia juga menjelaskan, peraturan pemerintah yang mengatur pembentukan KEK pariwisata tersebut sudah dikeluarkan, dan sekarang sedang proses realisasinya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pandeglang Aah Wahid Maulany menjelaskan, proses pembentukan KEK pariwisata itu terus berjalan, dan berbagai pihak terkait telah melakukan ekspos di Kementerian Kebudayaan dan Periwisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pandeglang Olis Solihin menjelaskan, dipilihnya objek wisata Tanjung Lesung sebagai salah satu daerah KEK pariwisata karena Tanjung Lesung memenuhi enam syarat untuk menjadi daerah KEK.

Keenam syarat itu, di antaranya lokasi, feasibility study (FS), dan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) telah memenuhi syarat.

"Kami berharap Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata segera merealisasikan KEK pariwisata ini agar pariwisata dan ekonomi masyarakat Pandeglang bisa lebih maju, terutama UNTUK menyerap tenaga kerja," katanya.

Dia mengatakan, kawasan ekonomi khusus pariwisata yang diusulkan tersebut meliputi Kecamatan Sobang dan Kecamatan Panimbang. Nantinya, kawasan wisata Tanjung Lesung dijadikan 'master design' pariwisata Kota Air tahun 2020 seperti Venesia, Italia.

Kawasan Tanjung Lesung merupakan objek wisata andalan Provinsi Banten, di samping objek wisata lainnya seperti Pantai Carita.

Kawasan ini bahkan memiliki 'culture heritage' karena lokasinya dekat dengan kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Gunung Anak Krakatau, dan Pulau Umang.

"Kawasan itu akan dibangun di area seluas 1.500 hektare, di dalamnya akan dibangun berbagai sarana dan prasarana pendukung kepariwisataan, termasuk hotel dengan berbagai kelas, Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata dan sarana pendukung lainnya," katanya.

Ia mengatakan, daerah lainnya yang akan ditetapkan menjadi kawasan ekonomi khusus pariwisata, yakni Provinsi Bangka Belitung dan Nusa Tenggara Barat.

Kepala Bappeda Provinsi Banten Widodo Hadi sebelumnya menjelaskan, pembentukan KEK pariwisata di Pandeglang bagian selatan, menjadi program prioritas Pemprov Banten.

Pembentukan KEK, kata dia, merupakan program nasional dan pemprov sebagai upaya mendukung kemajuan di Kabupaten Pandeglang.