Kepala Bapedda Jadi Plt Sekda Cilegon

Cilegon, (ANTARABanten) - Walikota Cilegon, Tb Aat Syafaat mengangkat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Abdul Hakim Lubis sebagai Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon menggantikan Edi Ariadi, yang pada tanggal 20 juni mendatang dilantik sebagai Wakil Walikota, oleh Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah.

"Penunjukan Pak Abdul Hakim Lubis sudah sesuai dengan ketentuan, dan dilihat dari pengalaman sebelumnya, saat Edi Ariadi menjabat sebagai Kepala Bappeda," kata Aat di rumah Dinas Walikota, Kamis.

Penunjukan sebagai Plt, terang Aat  sudah dikomunikasikan dan dikoordinasikan dengan Walikota  terpilih Iman Ariyadi yang juga merupakan putra kandungnya.

"Sebelum penunjukan Pak Abdul Hakim Lubis dan mengganti sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya,  ini sudah dibicarakan dengan Walikota dan Wakil Walikota terpilih, termasuk dengan tim Baperjakat," ungkapnya.

Namun demikian terang Aat, untuk Sekda definitif nanti  merupakan kewenangan dari walikota  baru yang akan dilantik lima hari ke depan.

"Kalau Sekda definitif biar saya serahkan kepada walikota Baru, karena untuk menyerahkan yang definitif diperlukan beberapa nama ke Pemprov Banten untuk di pilih," terangnya.

Disinggung siapa saja yang akan dipilih, Aat tidak menampik salah satunya adalah Plt Sekda, Abdul Hakim Lubis. "Diantaranya, Pak Abdul Hakim Lubis, untuk nama lainnya kita lihat saja nanti, apakah Walikota  yang baru menyerahkan nama lain seperti Pak Bambang atau tidak. Karena dari persayaratan banyak sekalai nama-nama, termasuk pejabat yang memasuki masa pensiun," tandasnya.

Dalam prosesi mutasi eselon II, terdapat nama-nama yang digeser diantaranya, Kepala Dinas Kependudukan, Dinas Tata Kota, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Badan Lingkungan Hidup, Kepala BPMKP, Kepala Badan kepegawaian Daerah, dan Kepala Kesbang Linmas.

Sedangkan jabatan eselon II yang tidak mengalami perubahan adalah SKPD startegis, diantaranya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, masih di jabat oleh Yahya Bae, Kepala Dinas Pendidikan masih dijabat putri sulung Aat Syafaat, Ratu Ati Marliati, Kepala Dinas Kesehatan masih adik ipar Aat Syafaat, Suminar, dan Kepala Dinas Perhubungan, Erwin Harahap.