Serang (ANTARABanten) - Program Ujian Masuk Mandiri di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, diminati para siswa lulusan SLTA sederajat, dan hingga hari kesembilan sudah ada 3.318 siswa yang mendaftar.

"Hari ini ada sekitar 350-an orang yang mengambil formulir dan mendaftarkan lewat online ke kami. Kami yakin hingga akhir pendaftaran peserta akan terus bertambah," ujar Jamal, staf UPT Humas dan protokol Untirta di Serang, Selasa.

Ia mengatakan, selain lulusan tahun ini yang mendaftar, banyak juga yang mendaftar dari lulusan tahun sebelumnya.

Menurut Jamal, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menyediakan kuota sebanyak 1.353 kursi untuk jalur ujian masuk mandiri (UMM) yang akan ditempatkan di Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk Jurusan Pendidikan Guru SD dan Fakultas Pertanian.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, kata Jamal, tahun ini menyelenggarakan UMM dengan metode online untuk memudahkan pendaftaran. "UMM dibuka sampai tanggal 25 Juli mendatang," katanya.

Masyarakat bisa mendaftar dengan membeli PIN di bank yang telah ditunjuk dengan harga Rp200 ribu.

"Setelah mendapatkan PIN, kemudian peserta diminta untuk membuka web Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan mendaftar secara online serta mengisi biodata," katanya. 
   Meski demikian, peserta harus berhati-hati dalam mengisi aplikasi data diri karena hanya bisa diisi sekali. "Jika salah, maka harus beli PIN lagi," katanya.

Nurkholiyah, salah satu siswi SMAN 1 Ciruas Kabupaten Serang, mengaku ikut jalur UMM Universitas Sultan Ageng Tirtayasa karena ia tidak yakin untuk diterima dari jalur SMPTN.

Ahmad Syukri, peserta UMM lain asal Pandeglang juga mengatakan hal yang sama. ***3***
(U.pso-211/B/R010/R010) 13-07-2010 17:58:07